PENGEMBANGAN BUKU MINI GEOGRAFI SEBAGAI BAHAN AJAR GEOGRAFI PADA MATERI DINAMIKA ATMOSFER DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEHIDUPAN KELAS X IPS SMA NEGERI 1 GEDANGAN SIDOARJO

Sofyan Ismail

Abstract


Abstrak


          Sebuah permasalahan yang dihadapi oleh siswa SMAN 1 Gedangan Sidoarjo kelas X IPS 2 adalah minat baca yang rendah terhadap mata pelajaran Geografi. Permasalahan tersebut membuat peneliti ingin mengembangkan bahan ajar berupa buku mini Geografi yang lebih menarik dengan desainnya. Penelitian ini untuk : (1) Mendeskripsikan kelayakan buku mini  Geografi menurut para ahli (2) Mengetahui hasil perbedaan siswa yang menggunakan buku mini Geografi dan siswa yang tidak menggunakan buku mini Geografi. (3)Mengetahui siswa dalam aktivitas pembelajaran dengan menggunakan buku mini Geografi (4) Mengetahui aktivitas guru dalam kegiatan pembelajaran dengan menggunakan buku mini Geografi.


             Penelitian yang dilakukan menggunakan metode Research and Development/R&D, dengan model pengembangan      4-D (Define, Design, Develop, Desseminate). Namun tidak sampai pada tahap Desseminate. Jenis Penelitian ini menggunakan Quarsi Esperimental Design degan disain penelitian Nonequivalent Kontrol  Group  Design. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara oleh guru Geografi dan Siswa IPS yang ada di SMAN 1 Gedangan Sidoarjo, analisis 35 butir soal, analisis reliabilitas soal, analisis perbandingan hasil belajar menggunakan uji t, lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar aktivitas guru.


             Data angket maupun validasi yang dianalisis menggunakan ketentuan skala likert, hasil belajar siswa dianalisis menggunakan uji t-test menggunakan program SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukan(1)Hasil validasi buku mini Geografi memperoleh kelayakan dari ahli media 85,33%, kelayakan dari ahli materi 85 %, kelayakan materi dari guru Geografi 93,33%. (2) Kelas eksperimen mendapat rata-rata posttest sebesar  84,56 %, sedangkan untuk kelas kontrol mendapat nilai rata-rata 80,64. Berdasarkan hasil perhitungan independent t-test diperoleh sig(2-tailed) 0,006 pada hasil posttest kedua kelas tersebut menunjukan perbedaan hasil belajar. (3) Aktivitas Siswa pada kelas eksperimen mengalami peningkatan dengan menggunakan buku mini Geografi yakni 82%, aktivitas Guru pada kelas eksperimen juga mengalami peningkatan yakni 79,16 %.


Kata kunci : Pengembangan, Pendidikan, Orientasi.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.