ANALISIS ARAH DAN TINGKAT PERKEMBANGAN WILAYAH KABUPATEN TULUNGAGUNG

Gatut Ari Susanto

Abstract


Abstrak


             Pembangunan berbagai sektor di Kabupaten Tulungagung khususnya pembangunan fisik berbanding lurus dengan peningkatan alih fungsi lahan salah satunya dipicu oleh pertumbuhan penduduk yang selalu meningkat, pertumbuhan penduduk berbanding lurus dengan kebutuhan akan sebuah tempat tinggal yang mendorong percepatan alih fungsi lahan. Kebutuhan tempat tinggal, sektor industri, pergudangan dan sejenisnya juga berperan dalam permasalahan tersebut. Perkembangan fisik di Kabupaten Tulungagung dari aktivitas pembangunan akan membentuk sebuah pola dan memiliki tingkat perkembangan yang bermacam-macam di beberapa lokasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui arah dan tingkat perkembangan wilayah Kabupaten Tulungagung.


             Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif menggunakan metode korelasi keruangan. Populasi penelitian ini ialah rumah tangga di Kecamatan Boyolangu, Kecamatan Gondang, Kecamatan Kauman, Kecamatan Kedungwaru dan Kecamatan Tulungagung,  Sampel pada penelitian ini sebanyak 100 rumah tangga diambil dengan cara stratified random sampling. Data penelitian berupa  harga lahan, jarak pengambilan sampel dengan pusat kota, luas lahan terbangun, dan luas lahan agraris, dikumpulkan melalui wawancara dan analisis perpetaan.


             Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola perkembangan wilayah Tulungagung berpola lompat katak, dan pembangunan mengikuti pola jalan atau kombinasi dari keduanya. Kecamatan Kedungwaru memiliki perkembangan lahan kekotaan yang paling signifikan seluas 701.396 m2. Berdasarkan pengaruh perkembangan lahan (X) terhadap harga lahan (Y) di lapangan menunjukkan adanya pengaruh nilai yang signifikan dan positif, dengan persamaan regresi linier Y=379.240,075+7,293(X), sehingga ketika sebuah wilayah dengan perkembangan wilayah yang tinggi akan memiliki harga lahan yang tinggi pula, dan lahan dengan jarak yang semakin menajuh dari pusat kota memiliki harga yang semakin turun.


Kata kunci:Perkembangan, Perpetaan, Harga Lahan


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.