KAJIAN KESESUAIAN FUNGSI TAMAN KOTA SEBAGAI RUANG TERBUKA HIJAU (Studi Multisitus pada Tiga Taman Kota di Kediri)

PARAMITA DEA PAULINA, MURTEDJO

Abstract


Abstrak
Berdasarkan Undang-Undang No. 26 Tahun 2007, perencanaan tata ruang wilayah kota harus memuat rencana penyediaan dan pemanfaatan ruang terbuka hijau minimal 30% dari luas wilayah, dengan ketentuan 20% ruang terbuka hijau publik dan 10% ruang terbuka hijau privat. Pada tahun 2017, luas RTH publik di Kota Kediri masih mencapai 8% atau 507,2 ha dari seluruh luas wilayah. Untuk mengatasi hal tersebut, pemerintah setempat melakukan penambahan jumlah ruang terbuka hijau dan salah satunya dalam bentuk taman kota. Taman kota memiliki beberapa fungsi yaitu fungsi ekologis, sosial, estetika dan ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian fungsi taman kota sebagai ruang terbuka hijau pada tiga taman di Kota Kediri yaitu Taman Sekartaji, Taman Memorial Park dan Taman Ngronggo.
Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenalogi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Penentuan narasumber menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Data Model Interaktif dengan pengumpulan data, pengolahan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik penilaian menggunakan Key Performance Index (KPI).
Hasil analisis data menunjukkan bahwa, Sekartaji merupakan taman yang paling sesuai untuk dijadikan ruang terbuka hijau. Secara ekologis dengan nilai KPI 0,96, taman ini mampu mengurangi suhu udara, meningkatkan kelembaban, dan mengontrol kecepatan angin. Kontrol tingkat kebisingan masih kurang karena lebih dari 50dBA. Nilai KPI fungsi sosial adalah 0,93 artinya taman ini memiliki aksesibilitas dan tingkat keamanan yang baik. fungsi Estetika dengan nilai KPI mencapai 0,96 desain bangunan taman ini telah mencangkup lima prinsip dasar arsitektur, posisi tanaman menyesuaikan jenis,ukuran dan warna dan memiliki eleman penghias sebagai ciri khas taman. Namun ada beberapa fasilitas yang kurang terawat sehingga dapat membuat pengunjung merasa tidak nyaman. Nilai KPI untuk fungsi ekonomi telah mencapai angka tertinggi yaitu 1, artinya taman ini memiliki ruang kegiatan ekonomi dan fasilitas penunjang kegiatan ekonomi yang memadai.
Kata kunci : taman kota, kesesuaian fungsi, key performance index

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.