BIOTA LAUT SEBAGAI SUMBER IDE PEMBUATAN CENDERAMATA LOGAM WISATA PANTAI PASIR PUTIH KABUPATEN SITUBONDO

KAMILA DIYANTI

Abstract


ABSTRAK


 


Cenderamata adalah suatu barang yang dijadikan kenang-kenangan dari suatu tempat tertentu. Cenderamata dapat berupa benda pakai seperti gantungan kunci dan kalung. Cenderamata juga berupa benda hias seperti hiasan dinding dan kap lampu gantung. Cenderamata dapat dikelompokkan menjadi tiga jika dilihat dari fungsinya yaitu, 1) cenderamata disuatu acara, 2) cenderamata sebagai hadiah, dan 3) cenderamata wisata. Cenderamata yang penulis buat untuk karya skripsi ini adalah cenderamata wisata.


Cenderamata wisata adalah barang kenang-kenangan yang didapatkan dari suatu tempat wisata. Pantai Pasir Putih Situbondo adalah tempat wisata yang dipilih penulis untuk dijadikan objek wisata dalam pembuatan cenderamata  logam. Hal tersebut dikarenakan latar belakang penulis yang berasal dari kabupaten Situbondo. Selain itu, penulis ingin membuat cenderamata inovasi baru untuk tempat tersebut.


Sumber ide dalam pembuatan cenderamata logam adalah biota laut. Biota laut adalah semua makhluk hidup berupa tumbuhan dan hewan yang hidup dilaut. Ada lima jenis biota laut yang terpilih. Objek tersebut antara lain keong laut, kerang, bintang laut, terumbu karang dan rumput laut. Biota laut dipilih karena penulis ingin mengeksplor potensi alam yang ada di pantai Pasir Putih Situbondo.


Bahan utama yang digunakan penulis untuk pembuatan cenderamata adalah  plat logam tembaga 0,1 mm, plat logam kuningan 0,1 mm, dan plat logam aluminium 0,2 mm. Penulis memilih bahan logam karena penulis merupakan mahasiswa pendalaman seni kriya konsentrasi kriya logam. Penulis menggunakan teknik tekan dalam pembuatan cenderamata logam. Teknik tekan adalah teknik membuat ragam hias pada plat logam menggunakan alat utama ballpoint. Teknik tekan dipilih karena mudah diterapkan, aman, mudah dipelajari, alat yang digunakan sederhana, murah, mudah didapat, dan penerapannya tidak membutuhkan ruangan khusus.


Penulis membuat enam macam jenis cenderamata dari bahan logam. Jenis tersebut yaitu hiasan dinding, tempat tisu, gantungan kunci, tempelan kulkas, bros, dan kalung. Masing-masing jenis tersebut dibuat dari tiga bahan logam yang telah penulis sebutkan sebelumnya. Penulis membuat karya cenderamata logam sebanyak 144 karya.


 


Kata kunci : Cenderamata, Pantai Pasir Putih, Kabupaten Situbondo, Biota Laut, Logam, Teknik Tekan.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.