PENERAPAN MOTIF JATI DAN KAYANGAN API UNTUK BATIK BOJONEGORO

MAYANGSARI MIRANDA

Abstract


ABSTRAK


 


Kabupaten Bojonegoro memiliki motif khas batik yaitu motif Jonegaran, meliputi motif Pari Sumilak, Gatra Rinonce, Jagung Miji Emas, Mliwis Putih, Parang Dahana Mungal (Kayangan Api), Parang Lembu Sekar Rinambat,  Rancak Thengul, Sata Ganda Wangi, dan Sekar Jati. Motif Sekar Jati merupakan motif khas Bojonegoro dan paling banyak diminati, karena memang kota Bojonegoro terkenal sebagai penghasil kayu jati. Motif Kayangan Api merupakan salah satu motif batik Bojonegoro yang diambil dari kekayaan alam Bojonegoro yaitu sumber api abadi yang tak kunjung padam. Kekayaan alam ini dijadikan tempat wisata dan diberi nama Kayangan Api, terletak di kawasan hutan lindung Sendangharjo, Ngasem, Bojonegoro. Kebutuhan batik semakin meningkat terutama motif yang terinspirasi dari Jati dan Kayangan Api, sebagai batik khas Bojonegoro. Hal ini belum diimbangi dengan ketersediaan motif Jati dan Kayangan Api yang variatif dalam bentuk maupun tampilan komposisinya Dari sinilah timbul keinginan peneliti untuk memberikan alternatif komposisi motif Jati dan Kayangan Api dari yang sudah ada.


Metode yang digunakan yaitu metode penelitian dan pengembangan (R&D) berdasarkan buku yang ditulis Sugiyono. Langkah-langkahnya meliputi identifikasi potensi dan masalah, pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi, pembuatan desain (17 desain motif Daun Jati dan 15 desain motif Kayangan Api), validasi desain (kepada 2 validator yaitu Nunuk Giari M. selaku dosen Jurusan Seni Rupa FBS Unesa dan Liswati Rosalinda selaku perajin batik), merevisi desain, validasi ulang, dan pembuatan produk dari desain yang direkomendasi.


Motif-motif yang dihasilkan meliputi motif Jatinom (6 desain), motif Jati Laras (9 desain), motif Ijone Jati (2 desain), motif Baraning Geni (8 desain), motif Parang Geni (5 desain), dan motif Geni Abadi (2 desain). Dari 32 motif tersebut, dipilih 4 motif yang diwujudkan yaitu 3 motif Daun Jati (meliputi pakaian wanita, pakaian pria, dan jarit/kain panjang)  serta 1 motif Kayangan Api berupa pakaian pria.


 


Kata Kunci : Penerapan, Motif Batik, Bojonegoro.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.