PERANCANGAN TYPEFACE DENGAN TEMA MOTIF UKIR JEPARA

RIBUT PURNOMO

Abstract


Abstrak


Jepara merupakan satu dari beberapa daerah di Indonesia yang memiliki warisan budaya berupa kerajinan seni ukir. Sebuah kearifan lokal yang sudah seharusnya kita jaga dan lestarikan bersama. Kerajinan ukir Jepara telah cukup dikenal terlebih produk hasil mabel / perabotan serta hiasan ukir baik lokal maupun mancanegara. Namun terkadang hal tersebut masih dirasakan hanya oleh beberapa kalangan tertentu saja, utamanya para seniman / pengrajin. Peneliti yang juga merupakan mahasiswa jurusan Seni Rupa ingin memberikan sumbangsihnya berupa karya yang dapat dirasakan dan digunakan semua kalangan khususnya warga Jepara dan masyarakat Indonesia pada umumnya. Dalam skripsi yang berjudul “Perancangan Typeface Dengan Tema Motif Ukir Jepara”, peneliti mencoba untuk lebih mengenalkan motif ukir Jepara dalam sebuah media baru yang dapat dirasakan langsung oleh banyak kalangan. Typeface / huruf yang merupakan elemen dari kaidah Tipografi, dirasa cocok karena sifatnya yang aplikatif-implementatif sesuai dengan konsumsi masyarakat moderen yang erat serta dekat dengan budaya komunikasi verbal maupun visual.


Perancangan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan adalah data primer berupa wawancara serta data sekunder dari kajian literatur. Pengumpulan data primer berupa kegiatan wawancara dilakukan dengan narasumber seorang putra daerah asli Jepara yaitu Bapak Drs. Sulbi, M.Pd, yang juga selaku dosen Universitas Negeri Surabaya jurusan Seni Rupa pengampu mata kuliah Kriya Kayu. Sedangkan pengumpulan data sekunder dilakukan dengan kajian literatur yang relevan baik dari jurnal ilmiah maupun buku. Tujuan dari pengumpulan data tersebut, adalah mencari unsur khas dan asli motif ukir Jepara yang tidak dimiliki oleh motif ukir dari daerah lain. Selanjutnya unsur tersebut diadaptasi kedalam bentuk typeface dengan beberapa bantuan program komputer pengolah grafik / vector.


Hasil dari perancangan typeface bertema motif ukir Jepara adalah meliputi karakter huruf kecil (lowercase), huruf besar (uppercase), angka (numerals) dan simbol (punctuation). Serta disajikan visual dalam contoh pengaplikasian pada beberapa media seperti, poster, kaos, tas (totebag), pin, signage.


 


Kata kunci : tipografi, motif ukir, Jepara


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.