KOMPOSISI WARNA PADA LUKISAN MAKHFOED YANG BERJUDUL PERJALANAN PERIODE 2001-2016

MOH. GHUFRON ROSYADI HUSAINI

Abstract


Abstrak


Seni rupa merupakan sebuah Seni visual, yang juga  dinikmati lewat indra penglihatan manusia dan biasanya kombinasi warna adalah salah satu bentuk cara  untuk dapat mengeluarkan daya tarik tersendiri agar dapat mengeluarkan pancaran oleh sebuah karya tersebut.


Dapat disimpulkan bahwa seni merupakan media manusia dalam berinteraksi dalam segala hal. Dan yang membuat ketertarikan di seni rupa  adalah kepuasan hati dalam memperoleh  unsur – unsur seni rupa itu sendiri,  salah satunya menampilkan sebuah warna yang menarik di karya tersebut.


Seniman berpendidikan di Akademi Seni Rupa Surabaya (AKSERA), menjadikannya mampu melahirkan konsistensi atau intensitas yang besar dalam karya – karyanya. Karya lukis di tekuni hingga sekarang menghasilkan perjalanan 665 karya di usianya yang ke 75 tahun. Baginya “Perjalanan” tidak hanya menjadi suatu inspirasi saja, tapi merupakan suatu sikap dalam berkarya dan berkesenian, serta sekaligus menyikapi hidup dalam gejolak menembus waktu bersama istri yang mendampinginya Ule Julaiha  beserta tiga anaknya Putri Handini, Indah Rosarini (alm) dan Nuari Bramasastri. Berdasarkan pada aspek  - aspek di atas penulis mengambil subjek Makhfoed, seorang seniman lulusan akademi seni rupa surabaya (AKSERA) dan mempunyai pengaruh terhadap perkembangan seni lukis surabaya.


Ketertarikan penulis kepada sosok Makhfoed, maka permasalahan dalam penelitian ini adalah : (1) sosok Makhfoed dalam seni rupa surabaya, (2) Proses penciptaan karya Makhfoed yang berjudul “Perjalanan” priode 2001-2016, (3) Komposisi warna pada lukisan makhfoed yang berjudul  “Perjalanan” priode 2001-2016.


Untuk mencapai tujuan tersebut penulis menggunakan penelitian yang bersifat holistik dengan menggunakan metode pengumpulan data, pengamatan atau observasi, wawancara terhadap berbagai sumber pendukung, dan dokumentasi, kemudian menganalisis data. Untuk mencapai validitas data, digunakanlah trianggulasi data.


Dari analisis data diperoleh  kesimpulan bahwa: (1) Makhfoed adalah seniman lulusan AKSERA, sosok kepribadiannya yang tekun, rendah hati dan selalu bersahabat. Lewat sebuah lukisan yang berjudul “Perjalanan” Makhfoed tetap konsisten hingga menjadi seniman yang sudah tidak asing lagi di surabaya. (2) Makhfoed mempunyai proses penciptaan karya yang beda dengan seniman pada umumnya, berangakt dari ide kreatif yang diperoleh secara langsung pada saat itu juga, membuat Makhfoed terhanyut dalam  alam bawa sadar. (3) Dari segi komposisi warna yang dihasilkan pada lukisan Makhfoed yang berjudul Perjalanan 2001-2016, terlihat tampak warna dominan Merah (kekuatan, harapan ,tenang), kuning (kebersamaan, dosa, hangat), dan hijau (persahabatan, baru tumbuh) dan warna interest (diperhatikan) putih (cahaya,kesucian,ruang kaca) dan hitam (emosional, kegelapan, ketidak hadiran). Warna inilah  yang menjadiakn lukisan Makhfoed lebih  kontras dan tidak membosankan.


 


Kata kunci :Perjalanan, holistik, seni lukis, komposisi warna, Lukisan makhfoed


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.