PENGEMBANGAN SIGN SYSTEM KAMPUS UNESA LIDAH WETAN

AFRIZAL SAIFUL MAHBUB

Abstract


Abstrak


Setiap tempat seharusnya memiliki sign system yang tepat untuk membantu audiens dalam menemukan sebuah gedung, tidak terkecuali Kampus Unesa Lidah Wetan, yang memiliki secarah panjang dari mulai intregasi kursus di Surabaya pada tahun 1960, hingga menjadi sebuah Universitas sampai saat ini (tahun 2017). Peneliti menemukan sebuah masalah pada sign system di Kampus Unesa Lidah Wetan, beberapa audiens khususnya pengunjung sering kali bertanya mengenai letak lokasi gedung, padahal Kampus Unesa Lidah Wetan sudah memiliki petunjuk arah di beberapa tempat. Selain itu sign system di Kampus Unesa Lidah Wetan juga harus mendukung program eco campus.


Untuk menjawab masalah tersebut peneliti menggunakan metode penelitian dan pengembangan level 3 milik Prof. Dr. Sugiyono, bertujuan untuk mengembangkan desain sign system yang telah ada, membuat desain sign system dan menguji keefektifan desain sign system tersebut. Menggunakan analisis data formalistik dan analisis data deskriptif. Visualisasi desain menggunakan lima tahap, yaitu: (1) Thumbnails, (2) Rought Layout, (3) Tight Tissue, (4) Comprehensive, (5) Final Artwork. Setiap tahap visualisasi desain menghasilkan beberapa alternatif desain yang dikonsultasikan dengan dosen pembimbing skripsi. Sign system yang dikembangkan adalah 11 directional sign diluar ruangan dan satu site map diluar ruangan. Uji coba terbatas menggunakan kuisioner online berisi gambar mock up 11 directional sign sebelum dikembangkan dan sesudah dikembangkan, dan satu site map baru.


Dari penelitian yang dilakukan, diketahui kelebihan dan kekurangan 11 directional sign di Kampus Unesa Lidah Wetan, kelebihan dan kekurangan tersebut kemudian dikembangkan menjadi sebuah konsep pengembangan desain directional sign dan site map yang baru sesuai kajian teori yang relevan. Wujud desain directional sign dan site map merupakan hasil akhir setelah melewati proses revisi desain dari dua validator.


Pengembangan sign system Kampus Unesa Lidah Wetan dikatakan berhasil, dibuktikan dengan hasil uji coba terbatas pada 11 directional sign nilai setiap aspek penilaiannya mengalami peningkatan. Sedangkan site map memiliki kelemahan sulit untuk dibaca, responden beranggapan pesan (tulisan) site map terlalu kecil, sehingga sulit untuk dipahami. Kelemahan tersebut ada, karena pada form kuisioner tidak terdapat keterangan ukuran site map dan cara membaca site map, pesan (tulisan) pada site map seharusnya dibaca dan diapahami dengan jarak dekat.


 


Kata Kunci : Sign System, Kampus Unesa Lidah Wetan, Eco Campus Unesa, Master Plan Unesa


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.