CITRA BUDAYA KONSUMTIF SEBAGAI TEMA PENCIPTAAN KARYA SENI KRIYA KAYU

SINGGIH PRIO W

Abstract


ABSTRAK


Budaya konsumtif merupakan sebuah gejala sosial tentang pergeseran konsep – konsep konsumsi dan gaya hidup dalam ruang lingkup masyarakat modern. Budaya konsumtif berubah menjadi semacam ideologi bagi masyarakat dan menstimulasi hasrat manusia untuk terus mengkonsumsi. Lebih dalam mengenai budaya konsumtif, terdapat satu poin penting yang menjadi inti permasalahan dan merupakan jantung dari budaya konsumtif, yaitu “konsumsi tanda”. Konsep ini meliputi bagaimana tanda berperan aktif merubah pola pikir masyarakat untuk mengkonsumsi berdasarkan hasrat akan nilai prestise dari barang tertentu. Konsep yang mempengaruhi gaya hidup masyarakat konsumer, gaya hidup hedonis dan penuh pencitraan.


Konsep ini kemudian divisualkan ke dalam karya seni tiga dimensional dengan idiom – idiom konsumsi, meliputi subyek konsumsi yaitu manusia, obyek konsumsi yaitu kemasan dan produk konsumsi, serta jargon – jargon dalam relasi konsumsi. Proses penciptaan karya meliputi pembuatan desain, pemilihan bahan dan perwujudan karya. Media yang digunakan dalam pembuatan karya ini adalah kayu mahoni dengan kombinasi media lain seperti polyresin, cat duco dan melamin. proses perwujudan terbagi menjadi dua tahapan, tahap pertama adalah pembentukan karya dengan teknik pahat dan tahap kedua adalah finishing. Terdapat tiga karya yang diciptakan, Karya pertama mengusung konsep tentang fanatisme atau kecintaan yang berlebihan terhadap barang – barang konsumsi. Karya kedua mengusung konsep tentang hasrat yang berlebihan hanya untuk mengkonsumsi nilai prestise dari suatu barang. Karya ketiga mengusung konsep tentang bagaimana masyarakat konsumer  mengekspresikan diri lewat kegiatan konsumsi.


Kata Kunci : Seni, Kriya, Budaya, konsumtif. 


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.