KOMIK SI JUKI SEBAGAI IDE PENCIPTAAN SENI LUKIS

VILDA SAMANDARU MULYADIKA

Abstract


Abstrak


 


Komik salah satu bentuk cabang seni rupa yang bersifat menghibur, diciptakan sebagai media hiburan atau sebagai media pembelajaran yang menyenangkan karena terdapat unsur gambar, kata-kata dengan tujuan agar pembaca lebih cepa tmengerti.


Berawal dari ketertarikan pencipta terhadap komik Si Juki yang menginspirasi pencipta dari cerita dan karakter visualnya memunculkan ide untuk menciptakan karya lukis berbasis komik. Dikarenakan sifat komik itu sendiri yang mudah dimengerti oleh pembacanya dalam menyampaikan pesan yang sanggup membuat pembaca untuk terlibat secara emosional. Pencipta ingin mewujudkan bentuk komik yang berbeda dari perwujudan komik konvensional yang masih melekat pada cetakan buku, strip dikoran, poster maupun majalah dengan bentuk komik yang dituangkan dalam bidang kanvas atau lukisan. Pengembangan media yang digunakan sebagai bentuk penyegaran dari wujud komik pada umumnya.


Dengan mengambil tema mengenai isu-isu sosial yang banyak dibicarakan seperti masalah remaja, hedonisme atau isu ringan seperti soal kehidupan mahasiswa. Permasalahan yang pencipta angkat dalam bentuk komik sendiri merupakan ungkapan nyata dalam menyikapi permasalahan atau isu-isu sosial dewasa kini. Dengan menuangkanya dalam media seni lukis dirasa mampu mengekspresikan emosi, dalam bentuk ilustrasi bagi pembaca.
Kata kunci: Komik, Lukis, Isu Sosial


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.