PENGEMBANGAN TRAINER KIT BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA 16 PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PEMROGRAMAN DI SMK NEGERI 1 JABON SIDOARJO

UMAR FANANI, AGUS BUDI SANTOSO

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi di SMKN 1 Jabon Sidoarjo dimana banyak siswa yang masih melakukan remidi sehingga perlu adanya sebuah media pembelajaran baru yang bisa meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan menggunakan trainer kit atmega 16 sebagai media pembelajaran diharapkan dapat memberi solusi pada guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang layak ditinjau dari aspek validitas, efektifitas, dan kepraktisan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang terdiri dari 7 langkah yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi produk; (5) revisi produk; (6) uji coba produk; (7) analisis dan pelaporan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TEI di SMK Negeri 1 Jabon Sidoarjo. Pada penelitian ini rancangan uji coba yang digunakan adalah one-shot case study. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan trainer sebagai media pembelajaran pada aspek validitas dinyatakan layak dengan hasil rating sebesar 78%. Aspek efektifitas yang ditinjau dari hasil belajar siswa. Dari tes hasil belajar akhir siswa didapatkan th = 10,670 > ttabel = 1,72 dengan taraf signifikansi 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar akhir siswa lebih besar atau sama dengan KKM. Dan aspek kepraktisan yang ditinjau dari respon siswa dinyatakan sangat praktis dengan hasil rating sebesar 90%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diketahui bahwa trainer sebagai media pembelajaran berbasis atmega 16 layak digunakan sebagai salah satu media penunjang belajar siswa dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran teknik pemrograman.

Kata Kunci: media pembelajaran, trainer, validitas, efektifitas, kepraktisan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro