PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) DENGAN PERMAINAN SNAKE AND LADDER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PERENCANAAN DAN INSTALASI SISTEM AUDIO VIDEO KELAS XI TAV DI SMKN 1 SIDOARJO

KHIKMATUL AROFAH, MUHAMAD SYARIFFUDDIEN ZUHRIE

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran yang layak dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament dengan permainan Snake and Ladder pada mata pelajaran Perencanaan dan Instalasi Sistem Audio Video dengan mengacu pada indikator kelayakan yaitu kevalidan, kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan.

Penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D) yang dikembangkan oleh Sugiyono, yang terdiri atas 7 langkah. yaitu: (1) Potensi dan masalah; (2) Pengumpulan data; (3) Desain produk; (4) Validasi produk; (5) Revisi produk; (6) Uji coba produk; (7) Analisa dan pelaporan. Pada penelitian ini rancangan uji coba yang digunakan adalah pretest-posttest design.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) menggunakan permainan Snake and Ladder dapat dikategorikan sangat valid. Memiliki hasil validasi rata-rata sebesar 92,8%. (2) Keterlaksanaan pembelajaran memiliki nilai hasil rating yakni sebesar 95,41% pada pertemuan pertama dan 96,7% pada pertemuan kedua dengan kategori terlaksana dengan sangat baik. (3) Rata-rata hasil belajar siswa memiliki hasil nilai gain 0,728 termasuk kategori tinggi dalam peningkatan hasil belajar pretest posttest.

Kata Kunci: Pengembangan Perangkat, Pembelajaran Kooperatif, Permainan Snake and Ladder


Abstract

The purpose of this study is to produce learning tool eligible to apply cooperative learning Teams Games Tournament with the game of Snake and Ladder on subjects Planning and Installation System Audio Video with reference to indicators of eligibility, namely validity, practicality and effectiveness of learning tools are developed.

This research using of the Research and Development (R & D) developed by Sugiyono, which consists of seven steps: (1) Potential and problems; (2) Collection of data; (3) Product design; (4) Validate products; (5) Revision products; (6) The test products; (7) Analysis and reporting. The design of the test used was a pretest-posttest design.

The results showed that: (1) learning tools developed to implement cooperative learning model type Teams Games Tournament (TGT) using Snake and Ladder game can be categorized as very valid. Having the validation results at 92.8%. (2) Implementation of learning has a value rating which is equal to 95.41% in the first meeting and 96.7% in the second meeting with the categories performing very well. (3) Average student learning outcomes in the cognitive domain has a gain value results 0.728 including high category in the improvement of learning outcomes pretest posttest.

Keywords: Development of the device, Cooperative Learning, Snake and Ladder Game.



Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro