PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL BOOK BERBASIS ADOBE FLASH CS 6 PRO PADA MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK DI SMKN 1 PUNGGING

ISNAINI WULANDARI, JOKO

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran digital book yang valid ditinjau dari hasil validasi ahli, (2) menghasilkan media pembelajaran digital book yang praktis ditinjau dari respon siswa dan respon guru, (3) menghasilkan media pembelajaran digital book listrik yang efektif ditinjau dari hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) dengan tujuh tahap penelitian, yaitu: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) analisis dan laporan. Penelitian ini menggunakaan dua kelas yaitu XI TIPTL 1 sebagai kelas eksperimen dan XI TIPTL 2 sebagai kelas kontrol (Non-Equivalent Control group Design). instrumen penilaian validitas menggunakan penilaian dari 3 validator sesuai bidang keahlian masing-masing.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) aspek kevalidan media pembelajaran digital book berbasis adobe flash CS6 pro pada mata pelajaran instalasi motor listrik dikategorikan sangat valid rerata 97,40, (2) aspek kepraktisan yang ditinjau dari respon siswa dan respon guru terhadap media pembelajaran digital book berbasis adobe flash CS6 pro pada mata pelajaran instalasi motor listrik dikategorikan sangat praktis rerata 91,33, dan (3) keefektifan media pembelajaran ini diperoleh dari hasil belajar siswa ranah kognitif siswa didapatkan rerata kelas eksperimen yaitu 86,17 dan hasil belajar siswa ranah kognitif siswa didapatkan rerata kelas kontrol yaitu 74,83. Hasil uji t dari posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol didapatkan hasil signifikan 0,00 atau ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sehingga efektif digunakan. Karena media pembelajaran digital book yang dikembangkan layak, sangat valid, sangat praktis, dan efektif maka dapat disimpulkan sangat layak digunakan.

Kata Kunci: Media pembelajaran, digital book, kelayakan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro