PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS KOMPUTER UNTUK KELAS X TEI PADA MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA DI SMK AL KHOLILIYAH BANGKALAN

RORO KHAMIDAH J. S., EPPY YUNDRA

Abstract


Abstrak

Berdasarkan dari hasil observasi yang telah dilakukan melalui need assesment di SMK Al Kholiliyah, kendala yang dialami pada saat mengajar mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika yaitu siswa sulit dalam mempelajari materi komponen elektronika. Hal tersebut yang menjadi faktor hasil belajar menjadi kurang optimal. Maka perlu dikembangkan sebuah media pembelajaran yang dapat mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis komputer yang layak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) dengan 9 (sembilan) tahapan, yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian; (9) analisis dan pelaporan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Hasil rating validasi media pembelajaran interaktif sebesar 84%; (2) Hasil belajar siswa pada ranah kognitif diperoleh rata-rata sebesar 82. Sedangkan hasil belajar siswa pada ranah psikomotorik diperoleh nilai rata-rata sebesar 80,8750. Hasil rating angket respon siswa terhadap media pembelajaran interaktif sebesar 85,53%; (3) Hasil rating observasi keterlaksanaan pembelajaran sebesar 83,75%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis komputer yang dikembangkan layak dan baik digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di SMK AL Kholiliyah Bangkalan.

Kata Kunci : Media Pembelajaran Interaktif, kevalidan, kepraktisan, keefektifan

Abstract

Based on the observations that have been made through need assesment at SMK Al Kholiliyah, constraints experienced at the time teaching Basic subjects of electricity and electronics, namely the difficult students in learning the material components Electronics. The thing that becomes a factor the results of learning to be less than optimal. It needs to be developed a media learning that can overcome these problems. This research aims to produce computer-based interactive learning media. The methods used in this research is a method of Research and Development (R&D) and 9 (nine) stages, namely: (1) the potential and problems; (2) data collection; (3) design products; (4) the validation of the design; (5) a revision of the design; (6) test products; (7) a revision of the product; (8) a test of usage; (9) the analysis and reporting. Based on the results of the study, the following conclusions were obtained: (1) the results of interactive learning media validation rating of 84%; (2) the result of student learning outcomes in the cognitive domain obtained an average of 82. While hacyl study students at the realm of psychomotor obtained average value of 80.8750. The results of the rating question form student response against media interactive learning of 85.53%; (3) the result observation implementation learning of 83.75%. Based on these results it can be concluded that the computer based interactive learning media developed it deserves and either used as a medium of instruction in the basic subjects of electricity and electronics in SMK AL Kholiliyah Bangkalan.

Keywords: Interactive learning media, validity, practicality, effectiveness





Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro