Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Menggunakan Model Predict Observe Explain Explore Berbantu Fluid Sim Pada Mata Pelajaran Pengendali Sistem Robotik Di SMK Negeri 1 Driyorejo

PAULEN AULIA LUTFIA, EPPY YUNDRA

Abstract


Perangkat pembelajaran yang digunakan di SMK Negeri 1 Driyorejo kurang efektif hal tersebut ditandai dengan banyak siswa yang memiliki ketuntasan dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) dimana KKM di SMK Negeri 1 Driyorejo adalah 75, sehingga agar siswa mencapai KKM guru harus melakukan remidi. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, peneliti mengembangkan perangkat pembelajaran dengan menggunakan model predict observe explain explore berbantu fluid sim. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran yang layak sebagai berikut: (1) Menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid menggunakan model predict observe explain explore berbantu fluid sim di SMK Negeri 1 Driyorejo, (2) Menghasilkan perangkat pembelajaran yang praktis menggunakan model predict observe explain explore berbantu fluid sim di SMK Negeri 1 Driyorejo ditinjau dari keterlaksanaan pembelajaran, (3) Menghasilkan perangkat pembelajaran yang efektif menggunakan model predict observe explain explore berbantu fluid sim di SMK Negeri 1 Driyorejo ditinjau dari hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini menggunakan desain penelitian Research and Development (R&D). Serta menggunakan desain uji coba One Shot Case Studi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil yaitu (1) hasil validasi silabus diperoleh rata-rata sebesar 3,62, hasil validasi RPP diperoleh rata-rata sebesar 3,64, hasil validasi LKS diperoleh rata-rata sebesar 3,21, hasil validasi modul diperoleh rata-rata sebesar 3,21, hasil validasi lembar penilaian diperoleh rata-rata sebesar 3,61. (2) hasil kepraktisan perangkat pembelajaran yang ditinjau dari lembar keterlaksaan pembelajaran memperoleh rata-rata sebesar 3,54. (3) hasil belajar peserta didik dari uji coba produk pada hasil belajar ranah kognitif dan ranah psikomotor diperoleh nilai rata-rata sebesar 83,23. Berdasarkan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan menggunakan model predict observe explain explore berbantu fluid sim ini layak untuk digunakan peserta didik saat proses pembelajaran pada mata pelajaran pengendali sistem robotik.

Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, R&D, keterlaksanaan pembelajaran, hasil belajar.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro