PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUTOPLAY MEDIA STUDIO PADA MATA PELAJARAN PSA KELAS XI TAV DI SMK NEGERI 2 SURABAYA

Alfinudin Maulana, EPPY YUNDRA

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan media pembelajaran berbasis Autoplay Media Studio yang valid, (2) mengetahui respon siswa terhadap pengembangan media berbasis Autoplay Media Studio dan (3) menganalisis hasil belajar siswa terhadap penggunaan media pembelajaran dengan menggunakan berbasis Autoplay Media Studio pada mata pelajaran PSA kelas XI TAV di SMK Negeri 2 Surabaya.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Develpment/R&D). Pada penelitian pengembangan ini terdiri atas 7 tahapan yaitu: (1) tahap potensi dan masalah, (2) tahap pengumpulan data, (3) tahap desain produk, (4) tahap validasi produk, (5) tahap revisi produk, (6) tahap uji coba produk dan (7) tahap analisis dan pelaporan. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini antara lain: lembar Validasi media, lembar angket respon siswa dan tes hasil belajar siswa.

Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan kategori sangat valid dari segi validitas media, yaitu dengan rata-rata hasil rating sebesar 88,68%. Sementara untuk respon siswa menunjukkan kategori sangat mudah digunakan, sangat jelas, dan sangat bermanfaat dengan rata-rata hasil rating sebesar 87%. Dan untuk keefektifan media dilihat dari ketuntasan belajar siswa yang dinyatakan baik dengan porsentase sebesar 82,85% dengan nilai rata-rata kelas sebesar 87,3 berada diatas KKM yang telah ditetapkan di SMK Negeri 2 Surabaya yaitu 75 untuk mata pelajaran produktif. Hal tersebut menujukkan bahwa media yang dikembangkan valid, dan mendapatkan respon yang positif dari para siswa serta efektif digunakan sebagai media penunjang belajar siswa.

Kata Kunci : Media Pembelajaran, Autoplay Media Studio

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro