PENGEMBANGAN POCKET DIGIBOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN ELEKTRONIKA DASAR KELAS X DI SMK NEGERI 1 JETIS MOJOKERTO

AHMAD SUGIANTO, EPPY YUNDRA

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi di SMK Negeri 1 Jetis Mojokerto, bahwa dalam proses pembelajaran peserta didik lebih termotivasi dan antusias apabila dalam pembelajaran digunakan media pembelajaran dari pada sistem pembelajaran yang monoton atau teacher center. Dengan menggunakan pocket digibook sebagai media pembelajaran diharapkan dapat memberi solusi pada guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang layak. Kelayakan dalam hal ini mengacu pada aspek validitas, efektifitas, dan kepraktisan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang terdiri dari 7 langkah yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi produk; (5) revisi produk; (6) uji coba produk; (7) analisis dan pelaporan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TEI SMK Negeri 1 Jetis Mojokerto. Pada penelitian ini rancangan uji coba yang digunakan adalah one-shot case study. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan pocket digibook pada aspek validitas dinyatakan sangat layak dengan hasil rating sebesar 79%. Aspek efektifitas yang ditinjau dari hasil belajar siswa. Dari tes hasil belajar akhir siswa didapatkan th 22,653 > ttabel 1,70 dengan taraf signifikansi 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar akhir siswa lebih besar atau sama dengan KKM. Dan aspek kepraktisan yang ditinjau dari respon siswa dinyatakan sangat praktis dengan hasil rating sebesar 89%.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut diketahui bahwa pocket digibook ini layak digunakan sebagai salah satu media penunjang belajar siswa dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran elektronika dasar kelas X TEI SMK Negeri 1 Jetis Mojokerto.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, pocket digibook, validitas, efektifitas, kepraktisan.

Abstract

This research is motivated by the observation results at SMK Negeri 1 Jetis Mojokerto that in the learning process students are more motivated and enthusiastic when learning media is used rather than a monotonous learning system or teacher center. By using pocket digibook as learning media it is expected to provide solutions for teachers to improve student learning outcomes. This study aims to produce appropriate learning media. Feasibility in this case refers to aspects of validity, effectiveness, and practicality. This research is a type of development research consisting of 7 steps: (1) potential and problems; (2) data collection; (3) product design; (4) product validation; (5) product revision; (6) product trials; (7) analysis and reporting. The subjects of this study were students of class X TEI SMK Negeri 1 Jetis Mojokerto. In this study the trial design used was a one-shot case study. The results showed that the feasibility level of interactive e-books on aspects of validity was stated to be very feasible with a rating of 79%. Aspect of effectiveness which is viewed from student learning outcomes. From the test results of the final student learning results obtained 22.653> t table 1.70 with a significance level of 0.05, so that it can be concluded that the average final student learning outcomes are greater or equal to the KKM. And practicality aspects which are viewed from student responses are stated to be very practical with a rating of 89%. Based on the results of these studies it is known that this pocket digibook is suitable to be used as one of the media to support student learning in the learning process in the on basic electronics subjects in class X TEI of SMK Negeri 1 Jetis Mojokerto

Keywords: Learning Media, pocket digibook, validity, effectiveness, practicality.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro