PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT (INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY) PADA MATA PELAJARAN PENERAPAN RANGKAIAN ELEKTRONIKA KELAS XI TAV DI SMKN 1 JABON SIDOARJO

EKO SUDARSANTO, EPPY YUNDRA

Abstract


Abstrak

Kondisi kegiatan pembelajaran di SMKN 1 Jabon Sidoarjo saat ini masih menggunakan model pembelajaran dengan media power point yang biasa-biasa saja. Hasil belajar yang dicapai siswa pun kurang maksimal, sehingga guru sering mengadakan remidial untuk memperbaiki nilai. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis ICT (Information and Communication Technology) yang layak digunakan sebagai media pembelajaran. Untuk memenuhi tingkat kelayakan, maka media pembelajaran ICT ditinjau dari 3 aspek berikut: (1) Validitas media pembelajaran sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika; (2) Efektifitas media pembelajaran ditinjau dari hasil belajar siswa; (3) Kepraktisan media pembelajaran ditinjau dari hasil keterlaksanaan pembelajaran pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Penelitian ini menggunakan metode ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Hasil rating validasi media pembelajaran berbasis ICT sebesar 83,56% dengan kategori sangat valid; (2) Hasil belajar akhir siswa berdasarkan analisis menggunakan SPSS diperoleh nilai rata-rata dari 29 siswa yaitu 84,14 dimana nilai tersebut telah melampaui KKM di SMKN 1 Jabon Sidoarjo yaitu sebesar ≥ 75; (3) Hasil rating observasi keterlaksanaan pembelajaran sebesar 88, 12% dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian media pembelajaran berbasis ICT efektif dan layak digunakan dalam pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika kelas XI TAV di SMKN 1 Jabon Sidoarjo.

Kata Kunci : Media Pembelajaran berbasis ICT, Kevalidan, Keefektifan , Kepraktisan


Abstract

The condition of learning activities in SMKN 1 Jabon Sidoarjo currently still uses learning models with mediocre power point media. Learning outcomes achieved by students are also not optimal, so teachers often hold remedial to improve grades. This study aims to produce ICT based learning media (Information and Communication Technology) that is fit for use as a learning medium. To meet the level of eligibility, the ICT learning media are reviewed from the following 3 aspects: (1) The validity of instructional media as learning media on the subjects of the Application of Electronic Circuits; (2) The effectiveness of instructional media in terms of student learning outcomes; (3) The practicality of instructional media in terms of the results of the implementation of learning when the learning activities take place. This study uses the ADDIE method (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Based on the results of the study, the following conclusions are obtained: (1) The results of the ICT based learning media validation rating are 83.56% with a very valid category; (2) The final learning outcomes of students based on analysis using SPSS obtained an average value of 29 students namely 84.14 where the value has exceeded the KKM in SMKN 1 Jabon Sidoarjo which amounted to ≥ 75; (3) The results of the observation score of learning implementation are 88, 12% with a very practical category. Thus ICT based learning media are effective and feasible to be used in learning, especially in the subjects of the Application of Electronic Series XI TAV in SMKN 1 Jabon Sidoarjo.

Keywords: ICT Based Learning Media, Validity, Effectiveness, Practicality


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro