PENGEMBANGAN BUKU DIGITAL INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN PENERAPAN RANGKAIAN ELEKTRONIKA DI SMKN 1 JABON

FITRI AMALIA, EPPY YUNDRA

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi di SMKN 1 Jabon bahwa dalam proses pembelajaran peserta didik lebih termotivasi dan antusias dalam mengikuti proses pembelajaran apabila guru dalam menyampaikan materi pembelajaran menggunakan sebuah media pembelajaran yang menarik daripada dengan sistem pembelajaran yang mengarah pada teacher center saja. Berdasarkan latar belakang diatas, didapatkan rumusan masalah yaitu bagaimana menghasilkan buku digital interaktif yang layak ditinjau dari kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan buku digital interaktif yang layak ditinjau dari kevalidasi, kepraktisan, kepraktisan. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Developt, Implement, Evaluate) dan rancangan uji coba yang digunakan adalah One-Shot Case Study. Pada penelitian ini sasaran penelitian adalah 30 siswa kelas XI TEI SMKN 1 Jabon, Sidoarjo. Hasil penelitian menujukkan bahwa kevalidan media pembelajaran buku digital interktif dapat dinyatakan sangat valid dengan hasil rating sebsesar 85 %. Aspek kepraktisan ditinjau dari keterlaksanaa pembelajaran menggunakan buku digital interaktif mendapat hasil rating sebesar 88 % yang dapat dikategorikan sangat praktis sedangkan ditinjau dari respon siswa mendapat hasil rating sebesar 87 % dengan kategori sangat praktis. Adapun dari aspek keefektifan ditinjau dari hasil belajar siswa didapatkan Thitung = 13,041 ˃ Ttabel = 1,69913 dengan taraf signifikansi 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa lebih besar atau sama dengan KKM.Berdasarkan hasil penelitian dari ketiga aspek diatas, maka buku digital interaktif ini layak digunakan sebagai salah satu media penunjang belajar siswa dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika di SMKN 1 Jabon Sidoarjo.

Kata Kunci : Buku digital interaktif, Validitas, Kepraktisan, Efektifitas,

ABSTRACT

This research was motivated by the observation result at SMKN 1 Jabon that in the process of learning, learners are more motivated and enthusiastic in following the learning process if the teacher in delivering instructional material using a media enganging learning than with the learning system that leads to the teacher center course. Based on the motivated above, the obtained formulation of the problem is how to produce an interactive digital book a decent review of the validity, practicality and effectiveness. The purpose of this research is to produce an interctive digital book that deserves to be reviewed from validity, practicality and effectiveness. This type of research is the development of a model using the ADDIE (Analysis, Design, Developt, Implement, Evaluate) and design the test used is One-Shot Case Study. In this study, the target of the research is 30 studensts of class XI TEI SMKN 1 Jabon, Sidoarjo. The result showed that the validity of the learning media interactive digital book can be expressed very valid results with a rating of 85 %. The aspect of praticality from learning performance using an interctive digital book got the rating of 88 % which can be categorized very practical while from the response of the studenst got the rating results of 87 % with category of very practical. As for efectiveness aspects of review from strudent result obtained Tcount = 13,041 ˃ Ttable = 1,69913 with a significance level of 0,05, so it can be concluded that the average of student results is greater than or equel to KKM. Based on the results of the research from three aspects above, got an interactive digital book is worth used as one of the supporting media student learning in the learning process n application of electronic subjects at SMKN 1 Jabon.

Keyword : Interactive Digital Book, Validity, Practicality, Effectiveness


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro