PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TANDUR DAN MEDIA PEMBELAJARAN ADOBE FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Awaludin Syarif Hidayatullah, Munoto . .

Abstract


Abstrak

Pendidikan Indonesia seharusnya mengembangkan model pembelajaran yang tidak membosankan, dapat memotivasi dan berfokus kepada siswa. Siswa harus lebih afktif dalam proses pembelajaran, sebagaimana terdapat dalam teori belajar konstruktivistik. Teori ini mendasarkan proses pembelajaran pada siswa yang mengonstruk sendiri pengetahuannya. Sehingga peran guru tidak terlalu dominan tapi tetap memberikan bimbingan saat waktu belajar berlangsung sebagai contoh model pembelajaran TANDUR yang dikembangkan dengan media pembelajaran adobe flash yang digunakan untuk menaikkan hasil belajar siswa Model pembelajaran TANDUR merupakan kerangka dari Quantum Teaching yang disingkatan dari Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasi, Ulangi, Rayakan. Ada beberapa tujuan dari penulisan artikel ini yaitu untuk menganalisis: (1) Pengaruh model pembelajaran TANDUR dan media pembelajaran adobe flash terhadap hasil belajar siswa, (2) Pengaruh model pembelajaran konvensional (ceramah) terhadap hasil belajar siswa, (3) Untuk menganalisis dan mengetahui keefektivitasan model pembelajaran TANDUR dengan media pembelajaran adobe flash terhadap hasil belajar siswa dapat lebih bermanfaat apabila dibedakan dengan model pembelajaran konvensional (ceramah). Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan diatas dilakukan dengan menggunakan kajian atau analisis teoritis, yaitu dengan menggunakan pemakaian konsep-konsep pengaruh model pembelajaran TANDUR dan media pembelajaran adobe flash untuk menaikkan hasil belajar siswa, pengaruh model pembelajaran konvensional (ceramah) terhadap hasil belajar siswa, dan untuk menganalisis dan mengetahui keefektivitasan model pembelajaran TANDUR dengan media pembelajaran adobe flash sehingga dapat menaikkan hasil belajar siswa.

Kata kunci: Pengaruh Model dan Media Belajar.

Abstract

Indonesian education should develop learning models that are not boring, can motivate and focus on students. Students must be more affective in the learning process, as contained in constructivist learning theory. This theory bases the learning process on students who construct their own knowledge. So the teacher's role is not too dominant but still provides guidance when learning time is taking place as an example TANDUR learning model developed with adobe flash learning media used to improve student learning outcomes TANDUR learning model is a framework of Quantum Teaching which is abbreviated from Grow, Natural, Named, Demonstration, Repeat, Celebrate. There are several objectives of writing this article, namely to analyze: (1) The effect of the TANDUR learning model and adobe flash learning media on student learning outcomes, (2) The effect of conventional learning models (lectures) on student learning outcomes, (3) To analyze and know the effectiveness of the TANDUR learning model with adobe flash learning media on student learning outcomes can be more useful if distinguished from conventional learning models (lectures). The method used to achieve the above objectives is carried out using theoretical study or analysis, namely by using the concepts of the influence of the TANDUR learning model and adobe flash learning media to improve student learning outcomes, the effect


of conventional learning models (lectures) on student learning outcomes, and to analyze and know the effectiveness of the TANDUR learning model with Adobe Flash learning media on student learning outcomes.

Keywords: Effect of Learning Models and Media.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro