ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN META-ANALISIS KORELASI

Choirur Rozaq ., Rina Harimurti .

Abstract


Abstrak

Berbagai penelitian telah membahas mengenai pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar siswa, tetapi nilai korelasinya berbeda. Dalam penilitian ini akan dilakukan analisis mengenai pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar siswa menggunakan Meta Analisis Korelasi. Tujuan penelitian ini ialah mengetahui korelasi antara model pembelajaran kooperatif dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa korelasi antara model pembelajaran kooperatif dan hasil belajar siswa berada pada kategori kuat dengan nilai r = 0,697 serta interval kepercayaan berada pada rentang 0,463 hingga 0,841. Sehinga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dengan korelasi yang kuat antara model pembelajaran kooperatif dengan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Meta Analisis Korelasi, Model Pembelajaran Kooperatif.

Abstract

Various studies have discussed the cooperative learning model of student learning outcomes, but the correlation value is different. In this study an analysis of cooperative learning models of student learning outcomes will be used using Meta-Analysis Correlation. The purpose of this study is to study learning between cooperative learning models and student learning outcomes. The results showed that between the cooperative learning model and student learning outcomes fit the strong category with a value of r = 0.697 and the confidence interval was in the range of 0.463 to 0.841. So as to conclude a significant relationship with cooperative learning models with student learning outcomes.

Key Words: Meta-Analysis Korelasi, Cooperative Learning Model.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro