PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK BERDASARKAN STUDI LITERATUR PENGUASAAN TEORI DASAR-DASAR ELEKTRONIKA

Giant Jourdie Hamsyah, Achmad Imam Agung

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa SMK berdasarkan studi literatur penguasaan teori dasar-dasar elektronika. Studi pendahuluan mengungkapkan bahwa dasar-dasar elektronika merupakan pelajaran yang mencakup dari semua bidang keahlian kelistrikan untuk segi pembelajaran yang mendasar. Guru memiliki peran penting dalam memberikan inovasi pada pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Inovasi pembelajaran dapat dilakukan dengan memilih model pembelajaran yang tepat, karena model pembelajaran yang dilakukan guru akan berpengaruh pada hasil pembelajaran. Hasil belajar merupakan faktor yang penting didalam proses belajar mengajar, karena merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan dalam pendidikan. Berbagai penelitian telah dilakukan, dari segala model pembelajaran yang dapat menumbuhkan dan meningkatkan hasil belajar SMK salah satunya adalah model pembelajaran PBL. Penelitian ini dikaji melalui metode meta analisis dengan mengumpulkan informasi dari beberapa studi literatur penelitian yang sejenis. Hasil analisis studi literatur yang setema dengan penelitian yang dilakukan menyatakan bahwa model pembelajaran PBL berpengaruh terhadap hasil belajar siswa SMK. Hasil belajar dilihat dari nilai posttest yang diperoleh mengalami peningkatan setelah diterapkan model PBL. Nilai posttest yang dihasilkan juga memperlihatkan bahwa siswa telah mencapai ketuntasan minimum dengan nilai yang diperoleh sudah mencakup KKM yaitu 75. Peningkatan persentase posttest secara signifikan meyakinkan bahwa peserta didik secara rata-rata sudah menguasai teori dasar-dasar elektronika.

Kata kunci: model PBL, penguasaan teori, dasar-dasar elektronika

 

Abstract

 

This study aims to determine the effect of the Problem Based Learning (PBL) learning model on the learning outcomes of vocational students based on the study of the mastery of theoretical basics of electronics. Preliminary studies reveal that the basics of electronics are lessons that cover all areas of electrical expertise for the basic aspects of learning. The teacher has an important role in providing innovation in the implementation of learning activities. Learning innovation can be done by choosing the right learning model, because the learning model by the teacher will affect the learning outcomes. Learning outcomes are important factors in the teaching and learning process, because it is one of the benchmarks of success in education. Various studies have been conducted, of all learning models that can foster and improve vocational learning outcomes, one of which is the PBL learning model. This research was assessed through a meta-analysis method by gathering information from several similar research literature studies. The results of the analysis of literature studies that are in line with the research conducted states that PBL learning models affect the learning outcomes of vocational students. Learning outcomes seen from the posttest scores obtained have increased after applying the PBL model. The posttest scores produced also showed that students had reached the minimum completeness with the scores obtained that had included KKM which was 75. The increase in the percentage of posttests significantly ensured that students on average had mastered the theory of electronics basics.

Keywords: PBL model, mastery of theory, basics of electronics

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro