PENGEMBANGAN PERANGKAT MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE ANIMATE PADA MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA

Rifky Praditya Wirawan, Edy . Sulistiyo

Abstract


Abstrak

Media yang dapat membantu proses dalam kegiatan belajar mengajar demi membuat para peserta didik aktif, dengan meningkatkan rangsangan pada pikiran, perhatian, mengasah keterampilan serta kemampuan para mahasiswa tentunya bisa meningkatkan dan memberi efektifitas dalam proses pembelajaran merupakan media pembelajaran. Media pembelajaran interaktif yaitu media dimana  media tersebut ada alat pengontrol sehingga mempermudah pengguna mengoperasikannya dalam memilih proses selanjutnya.

Tujuan dari penelitian ini yaitu membuat dan mengembangkan perangkat media pembelajaran interaktif berbasis adobe animate pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika dengan melihat indikator kevalidan, keefektifan, serta kepraktisan media pembelajaran yang telah dikembangkan.

Model yang digunakan dalam penelitian ini yaitu ADDIE, 1) Analyze, 2) Design , 3) Development, 4) Implementation, 5) Evaluation.

Dari penelitian ini diperoleh nilai kevalidan media pembelajaran hingga 79.5% kategori Valid. Nilai kepraktisan media pembelajaran  86.11% kategori Sangat Baik. sedangkan nilai keefektifan media pembelajaran dilihat dari ketercapaian dalam mencapai nilai yang memenuhi KKM dengan media pembelajaran interaktif berbasis adobe animate.

Kata Kunci: Perangkat, Media Pembelajaran, ADDIE, Interaktif, Adobe Animate

 

Abstract

Media that can help the process of teaching and learning activities in order to make students active, by increasing stimulation of the mind, attention, honing the skills and abilities of students can certainly improve and provide effectiveness in the learning process is a learning medium. Interactive learning media is the media where the media has a controller so it makes it easier for users to operate in choosing the next process.

The purpose of this research is to create and develop adobe animate-based interactive learning media devices on basic subjects of electricity and electronics by looking at indicators of validity, effectiveness, and practicality of instructional media that have been developed.

The models used in this study are ADDIE, 1) Analyze, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, 5) Evaluation.

From this study the validity of learning media values obtained up to 79.5% Valid category. The practicality value of learning media 86.11% in the category of Very Good. while the value of the effectiveness of learning media is seen from the achievement in achieving values that meet the KKM with adobe animate-based interactive learning media.

Keywords: Devices, Learning Media, ADDIE, Interactive, Adobe Animate


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro