PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK

Mohammad Ivan Asviyan, Agus Budi Santoso

Abstract


Abstrak

Media pembelajaran adalah alat atau sarana yang digunakan guru untuk menyampaikan materi pembelajaran pada siswa, pentingnya menggunakan media pembelajaran yaitu agar proses pembelajaran berjalan dengan baik, jika tidak menggunakan media pembelajaran proses pembelajaran tidak berjalan dengan baik. Media pembelajaran meliputi: modul, buku, Lembar Kerja Siswa (LKS), power point. Perkembangan teknologi sekarang ini media pembelajaran mulai berkembang, terutama media pembelajaran modul. Modul merupakan media pembelajaran yang digunakan untuk proses belajar mandiri pada siswa, peran guru sebagai fasilitas belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan modul pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif karena tidak membutuhkan pengujian dari siswa tetapi mencari sumber-sumber terpercaya untuk mendeskripsikan variabel yang ada. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IML dengan menggunakan modul pembelajaran. Karena modul pembelajaran mengajarkan siswa untuk belajar sendiri tanpa bantuan siswa lain, modul pembelajaran mengajak siswa untuk belajar dengan ajakan-ajakan berupa tulisan yang menarik agar siswa suka untuk belajar, modul pembelajaran dapat membantu siswa untuk mengasa kemapuannya di kelas, modul pembelajaran dapat menciptakan suatu kompetisi belajar antar siswa agar semangat dalam belajar, modul pembelajaran dapat membuat siswa mengetahui kemampuan yang telah dicapai dalam belajar. Sehingga penggunaan modul pembelajaran dapat meningkatkan kemauan belajar siswa juga hasil belajar siswa meningkat.

Kata Kunci: Modul Pembelajaran, Instalasi Motor Listrik, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Learning media is a tool or means used by teachers to deliver learning material to students, the importance of using learning media is so that the learning process runs well, if it does not use learning media the learning process does not go well. Learning media include: modules, books, Student Worksheets (LKS), power points. The development of technology is currently learning media began to develop, especially the module learning media. module is a learning medium that is used for the independent learning process of students, the role of the teacher as a student learning facility. The purpose of this study to determine the use of learning modules can improve student learning outcomes in subjects Electric Motor Installation. This research method uses quantitative descriptive method because it does not require testing from students but looks for reliable sources to describe the variables. The results of this study concluded that there was an increase in student learning outcomes in IML subjects using the learning module. Because the learning module teaches students to learn independently without the help of other students, the learning module invites students to learn with invitations in the form of interesting writing so that students like to learn, the learning module can help students to feel their abilities in class, the learning module can create a competition learning between students so that enthusiasm in learning, learning modules can make students know the abilities that have been achieved in learning. So that the use of learning modules can increase student learning will also increase student learning outcomes.

Keywords: Learning Modules, Electric Motor Installation, Student Learning Outcomes


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro