PENGEMBANGAN TRAINER PENERAPAN RANGKAIAN ELEKTRONIKA PADA KELAS TEI DI SMKN 1 JABON

Bima Arifudin Budiman, Eppy . Yundra

Abstract


Abstrak

Penelitian ini didasari dari permasalahan yang ada di sekolah, terkadang pembelajaran di sekolah masih mengalami keterlambatan, sehingga ada beberapa materi yang belum disampaikan sedangkan waktu pembelajaran untuk satu semester akan habis, oleh karenanya diperlukan media pembelajaran yang bisa membantu guru dalam menyelesaikan meteri tepat waktu dan membantu siswa memahami materi yang diajarkan. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran yang layak. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian pengembangan ADDIE yang terdiri dari (1) Tahap Analisis (2) Tahap Desain; (3) Tahap Pengembangan; (4) Tahap Penerapan; dan (5) Tahap Revisi. Desain penelitian yang digunakan yaitu One-Shot Case Study. Uji coba produk dilakukan pada peserta didik kelas X TEI  SMK Negeri 1 Jabon, dengan jumlah responden 34 peserta didik. Pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh dari validasi yang dilakukan oleh 2 Dosen UNESA jurusan teknik elektro dan 1 guru SMKN1 Jabon, hasil belajar siswa digunakan untuk mengetahui tingkat keefektifan media, dan angket respons siswa untuk menggetahui kepraktisan media yang digunakan dalam kegiatan belajar-mengajar. Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan didapatkan kevalidan trainer sebesar 84% yang dikategorikan sangat valid, jobsheet sebesar 80% yang dikategorikan valid, RPP sebesar 83% yang dikategorikan sangat valid, dan butir soal sebesar 70% yang dikategorikan valid, Keefektifan produk didapatkan dari nilai akhir dengan rata-rata sebesar 80,55, nilai akhir ini diolah secara statistik menggunakan uji binomial, dimana hasilnya adalah terima H1 yang berarti nilai akhir siswa lebih besar dari nilai KKM, dimana  nilai akhir siswa yang melebihi KKM lebih dari 90%, maka dapat disimpulkan media yang digunakan dalam kegiatan belajar-mengajar efektif, Kepraktisan ini dapat dilihat dari hasil angket respons siswa dengan rata-rata sebesar  85% yang dapat dikategorikan sangat praktis untuk digunakan dalam kegiatan belajar mengajar. Sehingga dapat disimpulkan produk trainer penerapan rangkaian elektronika dikatakan layak untuk digunakan sebagai penunjang praktikum peserta didik pada mata pelajaran Perencanaan Rangkaian Elektronika.

Kata Kunci: Validitas, Efektifitas, Trainer, Jobsheet

Abstract

This research is based on problems that exist in schools, sometimes learning in schools is still delayed, so there are some material that has not been delivered while the time of study for a semester will be exhausted, therefore it takes learning media that can help teachers in completing the material on time and help students understand the material being taught. So the purpose of this research is to produce decent learning media. The method used in this research is development research ADDIE that consist of  (1) Analysis Stage (2) Design stage; (3) Development Stage; (4) Application Stage; and (5) Revision Stage. The research design used is One-Shot Case Study. The product test was implemented to students of TEI class of X grade of Vocational High School 1 of Jabon, with the number of respondents 34 learners. The data collection in this study was obtained from validation conducted by 2 UNESA Lecturers majoring in electrical engineering and 1 Jabon Vocational School teacher, student learning outcomes to determine the effectiveness of the media, and student questionnaire responses to find out the practicality of the media used in teaching and learning activities. From the results of the research, the validity of the trainer is 84% which is categorized as very valid, 80% of the jobsheet is categorized as valid, 83% of RPP is categorized as very valid, and  70% of questions are categorized as valid, the effectiveness of the product obtained a final value with an average of 80.55, the final value is processed statistically using a binomial test, where the result is accept H1 which means the final value of students is higher than the KKM value, where the final value of students who exceed the KKM is more than 90%, it can be concluded that the media used in teaching and learning activities is effective, this practicality can be seen from the results of student questionnaire responses with an average of  85% which can be categorized as very practical for use in teaching and learning activities. So it can be concluded that the application of electronic trainer products is said to be feasible to be used as a support for practicum for students in Electronic Circuit Planning subjects.

Keywords: Validity, Effectivity, Trainer, Jobsheet


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro