STUDI LITERATUR: ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Bastiar Ageng Rengga Putra, Tri Rijanto .

Abstract


Abstrak 

Tujuan studi literatur ini adalah: (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa SMK (2) mengetahui model pembelajaran kooperatif yang paling efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Model pembelajaran kooperatif yang difokuskan dalam studi literatur ini adalah tipe Think Pair Share (TPS), Jigsaw, Student Team Achievement Division  (STAD) dan Team Assisted Individualization (TAI). Studi literatur ini diperoleh dari penelusuran artikel dari rentang tahun 2015-2020 dengan menggunakan Google Scholar. Diperoleh 5200 artikel dengan judul yang terkait, kemudian hasil pencarian dilakukan identification, screening, dan eligibilty melalui kriteria inklusi dan eksklusi sehingga dipilih 10 artikel yang relevan dengan tujuan penelitian.Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif.  Hasil studi literatur menemukan: (1) MPK TPS, Jigsaw, STAD, dan TAI memiliki pengaruh dalam meningkatkan hasil belajarnkognitifnpesertandidik dengan persentase peningkatan nilai paling tinggi 66,4% dan rata-rata hasil belajar 83,19 dikategorikan sangat baik sesuai kriteria hasil belajar (2) MPK tipe TAI paling efektif meningkatkan hasil belajarnkognitifnpeserta didik dibuktikan kenaikan nilai tertinggi dari  52,69 meningkat menjadi 87,69 dengan presentase kenaikan 66,4%, kemudian tipe STAD dengan peningkatan tertinggi dari nilai 53,91 meningkat menjadi 81,09 dengan presentase kenaikan 50,4%  kemudian tipe Jigsaw dengan nilai kenaikan tertinggi dari 70,00 menjadi 82,78 dengan presentase kenaikan 11,3% dan yang terakhir tipe TPS mendapatkan nilai kenaikan tertinggi dari nilai 74,44 meningkat menjadi 80,42 dengan presentase kenaikan 8,03%.

Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Hasil Belajar, Sekolah Menengah Kejuruan

 

Abstract

The objectives of this literature study are: (1) to determine the effect of cooperative learning models in improving cognitive learning outcomes of vocational students (2) knowing the most effective cooperative learning models in improving student cognitive learning outcomes. Cooperative learning models that are focused in this literature study are Think Pair Share (TPS), Jigsaw, Student Team Achievement Division (STAD) and Team Assisted Individualization (TAI) types. This literature study was obtained from searching articles from 2015-2020 using Google Scholar. 5200 articles were obtained with related titles, then the search results were carried out identification, screening, and eligibilty through inclusion and exclusion criteria so that 10 articles were selected that were relevant to the purpose of the study. Data analysis techniques using quantitative descriptive statistics. The results of the literature study found: (1) MPK TPS, Jigsaw, STAD, and TAI had an influence in improving the cognitive learning outcomes of students with the highest percentage increase in scores of 66,4%. (2) MPK type of TAI is the most effective way to improve students' cognitive learning outcomes, proven by the highest value increase from 52.69 to 87.69 with a percentage increase of 66.4%, then the STAD type with the highest increase from the value of 53.91 increased to 81.09 with percentage increase 50.4% then Jigsaw type with the highest value increase from 70.00 to 82.78 with percentage increase 11.3% and the last type of TPS get the highest increase value from the value of 74.44 increased to 80.42 with the percentage increase 8.03%.

Keyword:  Learning model cooperative , learning outcomes , vocational high school


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro