PENGARUH TRAINER KIT ROBOT FIRE EXTINGUISHER DAN SENSOR FIRE FIGHTING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PEREKAYASAAN SISTEM ROBOTIK TERHADAP RESPON SISWA

Farah Fauriz Lailita, Muhammad Syariffudiien Zuhrie

Abstract


Abstrak

Artikel ini bertujuan untuk membandingkan respon siswa antara trainer kit robot fireextinguisher dan sensor fire fighting sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Perekayasaan Sistem Robotik serta mengetahui adanya pengaruh yang memiliki nilai lebih signifikan sebagai media pembelajaran pengendali sistem robotik.

Artikel mengenai trainer kit robot fireextinguisher menggunakan model Plomp yang dikembangkan oleh Plomp dengan subyek penelitian 31 peserta didik kelas XII TEI 2 di SMK Negeri 1 Blitar dan artikel kedua mengenai sensor fire fighting menggunakan model pengembangan Research and Development (R&D) dengan subyek penelitian 30 peserta didik kelas XII TEI di SMK Negeri 2 Bojonegoro. Hasil trainer kit robot fireextinguisher memperlihatkan respon positif terhadap pembelajaran yang ditunjukkan sebanyak 79,48% sehingga trainer yang dikembangkan memadai untuk digunakan dalam pembelajaran pengendali sistem robotik. Sedangkan hasil penelitian dari sensor fire fighting, untuk kepraktisan dikatakan sangat praktis dengan persentase respon siswa sebesar 88,11% maka artikel mengenai sensor fire fighting menghasilkan trainer dan jobsheet yang memadai untuk kepraktisan. Dapat disimpulkan bahwa trainer yang paling praktis untuk digunakan sebagai media pembelajaran mata pelajaran Perekayasaan Sistem Robotik karena memiliki presentase rating tertinggi adalah trainer kit sensor fire fighting.

Kata kunci: pengaruh, trainer fire extinguisher, sensor fire fighting

 

Abstract

This article aims to compare students' responses between the fireextinguisher robot trainer kit and the fire fighting sensor as a learning medium in the Robotic System Engineering subject and to know of any influence that has more significant value as a learning medium for controlling a robotic system.

The article on the fireextinguisher robot trainer kit uses the Plomp model developed by Plomp with research subjects of class XII TEI 2 students in SMK Negeri 1 Blitar and the second article on fire fighting sensors uses the Research and Development (R&D) development model with research subjects of class XII students TEI at SMK Negeri 2 Bojonegoro.

The results of the fireextinguisher robot trainer kit showed a positive response to learning which was shown as much as 79.48% so that the trainer developed was adequate for use in learning robotics system controllers. While the results of research on fire fighting sensors, for practicality, it is said to be verypractical with a percentage of student responses of 88.11%, the article on fire fighting sensors produces adequate trainers and jobsheets for practicality. It can be concluded that the most practical trainer to be used as a learning media for


 

Robotic System Engineering subjects because it has the highest percentage rating is the fire fighting sensor trainer kit.

Keywords: motivation, fire extinguisher trainer, fire fighting sensor


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro