STUDI LITERATUR: ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK PADA MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK ELEKTRONIKA

Mohammad Wildan Habibi, Tri Rijanto .

Abstract


Abstrak

Pendidikan dan sumber daya manusia yang baik dapat diwujudkan dengan bentuk pendidikan berkualitas, yang dapat mengembangkan kemampuan-kemampuan aktual yang berpotensial dari dalam diri siswa. Adanya pendidikan yang bermutu dapat mendukung dalam memanifestasikan tenaga kerja muda berpotensi tangguh dan mau bersaing dalam asosiasi dunia. Salah satu upaya untuk mengatasinya dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah pada siswa SMK. Metode pengumpulan data adalah studi pustaka. Metode yang akan digunakan untuk pengkajian ini studi literatur. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengkaji literatur tentang hasil belajar siswa SMK dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran Dasar Listrik  Elektronika. Jenis penelitian ini adalah menggunakan studi literatur yang terkait dengan analisis hasil belajar siswa SMK pada mata pelajaran Dasar Listrik Elektronika. Studi literatur yang digunakan dalam penelitian ini merupakan artikel penelitian pada tahun 2015–2020 yang dicari dengan Google Scholar. Setelah dilakukan identification, screening, dan eligibility dari 2880 artikel yang ditemukan, didapatkan 10 artikel yang relevan dengan tujuan penelitian. Berdasarkan pembahasan hasil kajian literatur dari 10 artikel yang dirujuk, terdapat 6 artikel yang menyatakan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar (dengan rerata sebesar 79,84) dan 4 artikel yang menyatakan model pembelajaran berbasis masalah tidak berpengaruh secara signifikan dalam hal meningkatkan hasil belajar (dengan rerata sebesar 74,15). Penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa lebih meningkat saat kondisi siklus (saat siswa telah memperoleh perlakuan tindakan) dibandingkan sebelumnya saat kondisi pra siklus (saat siswa belum memperoleh perlakuan tindakan) dengan nilai rerata 77.

Kata Kunci : Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar, Dasar Listrik Elektronika

 

Abstract

A good education and human resources can be realized with the quality education, which can develop actual abilities that are potential from within students. The existence of quality education can support the manifestation of young workers to reach their full potential and willing to compete in world associations.  One effort to overcome this is by applying a problem-based learning model to vocational students. Data collection method is literature study. The method to be used for this study is the study of literature. The aim of this study is to examine the literature on the student learning outcomes using problem-based learning models in Basic Electrical Electronics subject. This type of study is literature review related to the analysis of vocational high school student learning outcomes in Basic Electrical Electronics subject. The literature review used in this study was research articles in 2015-2020 that was searched with Google Scholar. After identification, screening, and eligibility of 2880 articles that have found, 10 articles were found to be relevant to the aim of the study. Based on the results of the literature review of the 10 articles referenced, there are 6 articles which state that the problem-based learning model is more effective in improving learning outcomes (average score 79.84) and 4 articles which state the problem-based learning model has no significant effect in increasing learning outcomes (average score 74,15). The aplication of problem-based learning models on student learning outcomes is more increased when the cycle conditions (when student have received action treatment) than pre-cycle conditions (when students have not received action treatment yet) with average score 77.

Keywords: Problem Based Learning, Learning Outcomes, Basic Electricity Electronics


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro