PERANGKAT PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) MENGGUNAKAN MEDIA EDUKASI MONOPOLI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA

Hadi Apriyanto Wananda, Agus Budi Santosa

Abstract


Abstrak

Permasalahan yang menjadi latar belakang dalam artikel ini adalah kurangnya variasi model pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar di SMK di mana dalam kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika hanya menggunakan model pembelajaran langsung, yang menyebabkan siswa sering merasa bosan dan tidak memperhatikan penjelasan guru. Sehingga dibutuhkan proses kegiatan belajar mengajar yang dapat melibatkan siswa untuk terlibat belajar secara aktif, salah satunya dengan menerapkan model pembelajran kooperatif. Partisipasi dalam pengalaman pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan prestasi akademik dan pertumbuhan kognitif, motivasi dan sikap positif terhadap pembelajaran.

Pembelajaran kooperatif merujuk kepada berbagai macam metode pengajaran di mana para siswa bekerja dalam kelompok-kelompok kecil untuk saling membantu sama lainnya dalam mempelajari materi pelajaran. Pembelajaran kooperatif Team Games Tournament (TGT), merupakan model pembelajaran pertama dari John Hopkins pada tahun 2009. Dalam metode ini, para siswa dibagi dalam tim belajar yang terdiri atas empat sampai lima orang yang berbeda-beda tingkat kemampuan, jenis kelamin, dan latar belakang etniknya. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan dalam artikel ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelejaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), Lembar penilaian dan media edukasi Monopoli. Media edukasi monopoli berisikan mata pelajaran dasar listrik dan elektronika dalam satu semester ganjil.

Metode Teams Games Tournament (TGT) merupakan salah satu bentuk dari pembelajaran kooperatif yang memberikan konstribusi efektif dalam keberhasilan pembelajaran. Metode ini melibatkan siswa untuk terlibat aktif dalam membentuk pengetahuannya dan pengetahuan rekannya yang memiliki kemampuan lebih rendah, sehingga tidak hanya menjadi pendengar dengan pembelajaran tradisional. TGT memiliki unsur permainan didalamnya dan melibatkan seluruh peserta didik. Hal tersebut mendorong siswa untuk terlibat penuh dalam pembelajaran

Kata Kunci: Media Edukasi Monopoli, Perangkat Pembelajaran, TGT

Abstract

The problem that become the background in this article is the lack of variation of learning model used in teaching and learning in vocational school where the learning activities on the subjects of basic electricity and electronics only use direct instructional model, which led the students are often bored and not pay attention teacher's explanation. So it takes a process of teaching and learning activities that can involve students to be actively involved in learning, one of which is by applying a cooperative learning model. Participation in cooperative learning experiences can increase academic achievement and cognitive growth, motivation and positive attitudes towards learning.

Cooperative learning refers to a variety of teaching methods where students work in small groups to help each other in learning subject matter. Cooperative learning Team Games Tournament (TGT), is the first learning model from John Hopkins. In this method, students are divided into study teams consisting of four to five people with different levels of ability, gender, and ethnic background. The learning tools produced in this article are the Learning Implementation Plan, Student Worksheet, assessment sheet and Monopoly education media. The monopoly education media contains the basic subjects of electricity and electronics in one odd semester.

The Teams Games Tournament (TGT) method is a form of cooperative learning that contributes effectively to learning success. This method involves students to be actively involved in shaping their knowledge and the knowledge of their peers who have lower abilities, so that they are not only listeners with traditional learning. TGT has an element of play in it and involves all students. This encourages students to be fully involved in learning

Keywords: Learning Tools, Monopoly Education Media, TGT


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro