STUDI LITERATUR MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARD DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PEREKAYASAAN SISTEM RADIO DAN TELEVISI

Rosananda Arnas Pradana, Agus Budi Santosa

Abstract


Abstrak

Latar belakang pendidikan yang ada di SMK kebanyakan media yang digunakan menggunakan media buku LKS atau buku paket dengan menggunakan metode ceramah tanpa variasi dan kurang memanfaatkan penggunaan media dalam menjelaskan materi pelajaran. Hal ini dapat menurunkan minat siswa dalam pembelajaran, siswa menjadi kurang antusias sehingga materi yang disampaikan kurang dipahami yang mengakibatkan hasil belajar menjadi menurun. Hal ini diperlukan adanya sebuah media yang mampu menarik minat dan antusias siswa dalam berlangsungnya proses belajar agar dapat memahami materi yang disampaikan sehingga hasil belajar dapat meningkat.

Salah satu media pembelajaran yang mampu menarik minat dan antusias siswa dalam berlangsungnya proses belajar agar meningkatkan fokus dan dapat memahami materi yang disampaikan sehingga hasil belajar dapat meningkat adalah media pembelajaran flash card. Media flash card adalah media berupa kartu yang berisi tentang materi pembelajaran. Media sederhana yang sangat mudah dalam pembuatanya, tidak membutuhan keahlian khusus, jadi siapa saja dapat membuatnya dan tidak membutuhkan tenaga listrik sehingga media flash card ini bisa dilakukan dimana saja.

Pengertian flash card menurut menurut Azhar Arsyad (2011:119) flash card merupakan kartu kecil yang berisi gambar, teks, atau tanda simbol yang mengingatkan atas menuntun siswa kepada sesuatu yang berhubungan dengan gambar itu. Flash card biasanya berukuran 8 x 12 cm, atau dapat disesuaikan dengan besar kecilnya kelas yang dihadapi.

Kesimpulan dari artikel ini adalah dengan media pembelajaran flash card dapat menarik minat dan menambah daya ingat siswa dalam berlangsungnya pembelajaran sehingga ilmu yang diajarkan bisa diserap dengan baik dan bisa meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: media pembelajaran flash card, siswa, hasil belajar.

Abstract

The educational background in vocational schools is that most media are used using the media LKS books or textbooks using the lecture method without variations and do not make use of the media in explaining the subject matter. This can reduce student interest in learning, students become less enthusiastic so that the material delivered is less understood which results in learning outcomes to decrease. It is necessary to have a media that is a ble to attract students' interest and enthusiasm in the course of the learning process in order to understand the material presented so that learning outcomes can be improved.

One of the learning media that is able to attract students' interest and enthusiasm in the course of the learning process in order to increase focus and be able to understand the material presented so that learning outcomes can be improved is the flash card learning media. Flash card media is media in the form of cards that contain learning material. Simple media that is very easy to make, does not require special expertise, so anyone can make it and does not need electricity so that this flash card media can be done anywhere.

Understanding flash cards according to Azhar Arsyad (2011: 119) a flash card is a small card that contains pictures, text, or symbolic signs that remind upon leading students to something related to the picture. Flash cards are usually sized 8 x 12 cm, or can be adjusted to the size of the class encountered.

The conclusion of this article is that the flash card learning media can attract interest and increase students' memory in the course of learning so that the knowledge being taught can be well absorbed and can improve student learning outcomes.

Keywords: flash card learning media, students, learning outcomes.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro