PENGEMBANGAN TRAINER DAN JOBSHEET PENGENDALI ELEKTROMAGNETIK MOTOR INDUKSI 3 FASA BERBASIS ARDUINO MENGGUNAKAN SENSOR BLUETOOTH UNTUK MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK KELAS XII SMKN 2 SURABAYA

Nabil Dzaki Zulfian, Tri Wrahatnolo .

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk membuat media pembelajaran Trainer dan Jobsheet yang layak di gunakan pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik kelas XII di SMKN 2 Surabaya. Kelayakan media pembelajaran Trainer dan Jobsheet ditinjau dari tingkat hasil kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model Research and Development (R&D), dengan menggunakan uji coba produk dari one group pretest posttest design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kevalidan Trainer dan Jobsheet pengendali elektromagnetik motor induksi 3 fasa mendapatkan nilai dari validator dengan rerata total sebesar 3,07 sehingga dapat dinyatakan tingkat kevalidan media pembelajaran Trainer dan Jobsheet memiliki kriteria sangat valid. Tingkat kepraktisan media pembelajaran Trainer dan Jobsheet pengendali elektromagnetik motor induksi 3 fasa dari respon peserta didik diperoleh hasil 3,31 sehingga dapat dinyatakan tingkat kepraktisan media pembelajaran Trainer dan Jobsheet memiliki kriteria sangat praktis. Tingkat keefektifan ditinjau dari hasil belajar pada ranah pengetahuan diperoleh dari uji paired sample t- test dengan hasil ada peningkatan pencapaian hasil belajar pada ranah pengetahuan sebelum dan sesudah diberikan media pembelajaran Trainer dan Jobsheet. Hasil belajar pada ranah keterampilan diperoleh dari uji one sample t-test dengan hasil nilai belajar pada ranah keterampilan di atas KKM (75). Berdasarkan hasil analisis hasil belajar pengetahuan dan keterampilan dapat dinyatakan tingkat keefektifan media pembelajaran Trainer dan Jobsheet memiliki kriteria sangat efektif.

Kata kunci: Media Pembelajaran Trainer dan Jobsheet, hasil belajar, dan kelayakan

 

Abstractc

The purpose of this study was to create a Trainer and Jobsheet learning media in the subjects of Electrical Motor Installation class XII at SMKN 2 Surabaya. The feasibility of Trainer and Jobsheet learning media in terms of the level of validity, practicality, and effectiveness. This type of research is a research development with the model of Research and Development (R&D), using product trials from one group pretest posttest design. The results showed that the validity level of the Trainer and Jobsheet of the 3 phase induction motor electromagnetic control got a value from the validator with a total average of 3,07 so that it can be stated the validity level of the Trainer and Jobsheet learning media has very valid criteria. The practicality level of the Trainer and Jobsheet learning media electromagnetic control of the 3 phase induction motor from the responses of students obtained 3,31 results so that it can be stated the practicality level of the Trainer and Jobsheet learning media has very practical criteria. The level of effectiveness in terms of learning outcomes in the realm of knowledge was obtained from paired sample t-test with the result that there was an increase in the achievement of learning outcomes in the realm of knowledge before and after being given the Trainer and Jobsheet learning media. Learning outcomes in the realm of skills are obtained from the one sample t-test with the results of learning values in the realm of skills above the KKM (75). Based on the results of the analysis of the learning outcomes of knowledge and skills, it can be stated that the effectiveness of the Trainer and Jobsheet learning media has very effective criteria.

Keywords: Trainer and Jobsheet Learning Media, learning outcomes, and feasibility

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro