RANCANG BANGUN PERANGKAT PEMBELAJARAN RANGKAIAN ELEKTRONIKA DASAR PADA MATA PELAJARAN ELEKTRONIKA ANALOG UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA DI SMK NEGERI 3 SURABAYA

Adi Kurniawan Saputro, Muhamad Syariffudin Z

Abstract


Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran dengan model penelitian dan pengembangan. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran untuk standart kopetansi dasar rangkaian elektronika analog. Dengan media pembelajaran ini diharapkan siswa mampu dan paham tentang rangkaian dasar sensor photodiode dan mampu membuat disain rangakaian dengan menggunakan software elektronika.

Penelitian ini merupakan penelitian yang mengacu pada pengembangan 4D. didalam penelitian ini terdapat 4 (empat) tahap yaitu tahap pendefinisisan, perencanaan, pengembangan, dan penyebaran.

Hasil penelitian untuk post test menunjukkan kemajuan belajar siswa SMK Negeri 3 Surabaya X TAV 2 setelah diberikan perangakat pembelajaran sebesar 87.12%. Hasil validator menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran serta rancang bangun ini mendapatkan penilaian baik. Penilaian Validator pada aspek Bahasa Modul dinyatakan  valid dengan rating 73.3%, Penilaian Validator pada aspek Isi Modul dinyatakan  valid dengan rating 76.6%, Penilaian Validator pada aspek Media Trainer dinyatakan  sangat valid dengan rating 85.4%. Hasil observasi terhadap kemampuan siswa sebagai berikut: pada aspek Motivasi belajar dinyatakan  sangat valid dengan rating 83.3%, pada aspek Motivasi belajar dinyatakan sangat valid dengan rating 81%. Pada aspek penilaian respon siswa dapat di peroleh rating pada format modul 98.4% dan penilaian media Trainer 96.7%. Dengan demikian trainer  dinyatakan valid dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran.

 

Kata Kunci : Rancang Bangun, 4D, Media Pembelajaran, Modul Pembelajaran, Hasil belajar.

 

 

Abstract

This research is the development of instructional media with research and development models. The research aims to develop a learning media for the standard kopetansi basic analog electronic circuits. With the media is expected of students capable of learning and understanding about basic circuit photodiode and able to make design rangakaian using electronic software.

This research is referring to the development of 4D. in this study there are four (4) phases: pendefinisisan, planning, development, and deployment.

The results of the study to post-test show students' progress SMK Negeri 3 Surabaya X TAV 2 after learning perangakat given by 87.12%. The results show that the learning validator and design is getting good ratings. Assessment Language Validator on the aspect module is valid with a rating of 73.3%, Assessment Content Validator on the aspect module is valid with a rating of 76.6%, the aspect Media Validator Assessment Trainer stated very valid with a rating of 85.4%. The results of observations of students' abilities as follows: the motivation aspect of learning is expressed very valid with a rating of 83.3%, the motivation aspect of learning is expressed very valid with a rating of 81%. In the aspect of students' assessment responses can be obtained in the format module rating 98.4% and 96.7% Trainer media assessment. Thus the trainer is valid and can be used as a learning medium.

 

Keywords: Design, 4D, Media Learning, Learning Module, Learning outcomes

Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro