Pengembangan Buku Saku Pada Materi Memahami Rangkaian Flip Flop Kelas X Di SMK Negeri 3 Buduran Sidoarjo

. Yulia Fitriana, IGP Asto B

Abstract


Abstrak

Penelitian pengembangan buku saku memahami rangkaian flip flop ini bertujuan untuk menghasilkan buku saku yang dapat membantu siswa dalam memahami rangkaian flip flop, untuk mengetahui hasil belajar belajar siswa secara kognitif dan psikomotorik, mengetahui hasil pengukuran dan bentuk gelombang rangkaian flip flop melalui oscilloscope serta mengetahui respon siswa terhadap buku saku yang telah dikembangkan pada materi memahami flip flop di SMK Negeri 3 Buduran Sidoarjo.

Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan mengacu pada model penelitian dan pengembangan (R&D). Rancangan penelitian yang digunakan adalah Pre-Eksperimental Design dengan intact group comparison pada kelas X. Dalam penelitian ini menggunakan dua kelas, yaitu kelas kontrol dan eksperimen.

Penelitian ini menggunakan 7 (tujuh) tahap, yaitu: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, dan (7) analisis dan pelaporan. Hasil penelitian pengembangan buku saku pada materi memahami rangkaian flip flop memperoleh hasil prosentase 87,31% yang dinyatakan sangat baik untuk digunakan sebagai buku penunjang pelajaran. Soal dalam yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar memperoleh prosentase 85,52% yang dinyatakan sangat baik. Serta mendapatkan respon sangat baik dengan hasil prosentase sebesra 93,70%. Hasil belajar dapat diketahui dari hasil post test yang menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan buku saku lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang tidak menggunakan buku saku. Didapatkan hasil pengukuran dari rangkaian flip flop sama dengan tabel kebenaran pada materi flip flop serta dihasilkan gelombang digital pada oscilloscope.

Kata kunci: Buku Saku, Research and Development (R&D).

Abstract

The development research of pocket book to understand a circuit of flip-flop intends to produce a pocket book which can help students to understand a circuit of flip-flop, determine the learning outcomes of the students cognitively and psychomotor, discover measurement result and waveform of a circuit of flip-flop through oscilloscope and discover the students’ response to the pocket book which has been developed toward the material to understand a circuit of flip-flop at SMK Negeri 3 Buduran Sidoarjo.

The research type is a research development which refers to a model of Research and Development (R&D). The research design uses Pre-Experimental Design with intact group comparison in class X. This research uses two classes, which are control class and experiment class.

This research uses 7 (seven) steps, which are: (1) potency and problem, (2) data collection, (3) product design, (4) design validity, (5) revision of design, (6) product trial, (7) analysis and report. The result of the development research of pocket book toward the material to understand a circuit of flip-flop has percentage by 87, 31% which is acknowledged as very well to be used as supporting lesson’s book. The problem which is used to determine the result of the study has percentage by 85, 52% which is acknowledged as very well. Furthermore, it acquires a very good response which has percentage by 93, 70%. The result of the study can be identified from post-test result which shows the students’ learning outcomes who use the pocket book is better than the learning outcomes of the students who didn’t use the pocket book. It acquires the measurement result from a circuit of flip-flop has the same result with the table of truth in the material of flip-flop and also produces digital wave in the oscilloscope.

Keyword: Pocket Book, Research and Development (R&D).


Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro