PEMBELAJARAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING PADA MATERI KALOR UNTUK MENINGKATAN SCIENTIFIC PROCESS SKILLS SISWA

Shelly Novitania, Erman Erman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan scientific process skills siswa melalui penerapan model experiential learning. Jenis Penelitian ini menggunakan desain pre-experimental design yang menggunakan satu kelas eksperimen. Rancangan yang digunakan adalah one group pretest and posttest design. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes. Berdasarkan scientific process skills diperoleh peningkatan yang signifikan dengan n-gain sebesari 0,82 dengan kriteria peningkatan tinggi. Hasil implementasi diperoleh simpulan bahwa pembelajaran dengan model experiential learning pada materi kalor di kelas VII G SMP Negeri 2 Gedangan Sidoarjo dapat meningkatkan scientific process skills siswa.

 

Kata Kunci: model experiential learning, scientific process skills.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Visitor Statistics (Since August 5, 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.