MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN IPA BERBASIS SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES PADA MATERI ZAT ADITIF

Lafilatul Anisa, Martini Martini, Enny Susiyawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi sains siswa terhadap pembelajaran berbasis socio-scientific issues pada materi zat aditif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan rancangan penelitian one group pretest-posttest design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tulangan, semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu pengamatan, tes, dan angket. Peningkatan kemampuan literasi sains dianalisis menggunakan uji N-Gain skor. Hasil penelitian menunjukkan skor rata-rata kemampuan literasi sains siswa pada pre-test 45 sedangkan post-test 82. Peningkatan kemampuan literasi sains siswa tersebut dikategorikan sedang dengan indeks gain 0,67. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran IPA berbasis socio-scientific issues pada materi zat aditif dapat meningkatkan kemampuan literasi sains siswa.

 

Kata Kunci : Literasi Sains, Socio-Scientific Issues, Zat Aditif.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Visitor Statistics (Since August 5, 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.