PENINGKATAN KETERAMPILAN BERTANYA SISWA MELALUI SCAFFOLDING STRATEGI KONFLIK KOGNITIF PADA MATERI PERUBAHAN FISIKA DAN KIMIA

Nia Puspita, Erman Erman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan bertanya siswa dari hasil penerapan strategi pembelajaran konflik kognitif pada materi perubahan fisika dan perubahan kimia. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan satu kelas perlakuan. Teknik pengumpulan data yaitu metode observasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil analisis penelitian meliputi: peningkatan keterampilan bertanya siswa. Hasil keterampilan bertanya siswa pada pertemuan pertama memiliki kriteria sedang dengan rata-rata persentase sebesar 54,58% sementara pada pertemuan kedua memiliki kriteria tinggi dengan rata-rata persentase sebesar 76,04%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi konflik kognitif sebagai scaffolding bertanya siswa SMP pada materi perubahan fisika dan kimia dapat meningkatkan keterampilan bertanya siswa.

 

Kata kunci : Strategi konflik kognitif, Scaffolding, Keterampilan bertanya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Visitor Statistics (Since August 5, 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.