Pengembangan LKPD Berbentuk Pop Up Book Sebagai Bahan Ajar Pendukung Pada Materi Utang Kelas XI Akuntansi Di SMK Negeri 4 Surabaya

EKA WIDYA ANDRIYANI, JONI SUSILO WIBOWO

Abstract


Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses pengembangan, kelayakan, dan respon siswa terhadap LKPD berbentuk pop up yang dikembangkan. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan, dengan model pengembangan Thiagarajan 4-D yang meliputi pendifinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), penyebaran (disseminate). Data yang didapatkan menggunakan angket terbuka dan angket tertutup. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi ahli materi mendapatkan skor 85,31%, validasi ahli grafis sebesar 91,36%, dan validasi ahli bahasa sebesar 87,14%, sehingga keseluruhan mendapatkan skor 87,93%. Maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKPD berbentuk pop up ini sangat layak digunakan untuk proses pembelajaran sebagai bahan ajar pendukung pada mata pelajaran akuntansi keuangan materi pokok utang lancar.

Kata Kunci: Bahan Ajar, LKPD, Pop Up, Pendekatan Saintifik, Akuntansi Keuangan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Announcement :

Mulai Terbitan Volume 8 No. 1 Tahun 2020, JPAK telah berpindah ke website yang baru yaitu : https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak

 

View My Stats

 

Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) Terindeks oleh:

    

 

Alamat Redaksi:

Gedung G1 lt. 2 Ruang Jurusan Pendidikan Ekonomi

Fakultas Ekonomi

Universitas Negeri Surabaya

Kampus Ketintang Surabaya 60231

Telp. (031) 8285362/8299945 Fax. (031) 8293416

email: jpak@unesa.ac.id

Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK)

is licensed under a Creative Commons: Attribution-NonCommercial 4.0 International