PENGARUH HASIL BELAJAR PENGANTAR AKUNTANSI, MATEMATIKA EKONOMI DAN MINAT BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

NURI FADILATUL LAILI, AGUNG LISTIADI

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menguji dan menganalisis pengaruh pengaruh hasil belajar pengantar akuntansi, matematika ekonomi dan minat belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa pendidikan akuntansi Universitas Negeri Surabaya. Penelitian ini merupakan jenis metode kuantitatif. Sampel penelitian yang digunakan adalah purposive sampling yang berjumlah 83 mahasiswa S1 Pendidikan Akuntansi angkatan 2016. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) dan dokumentasi. Hasil penelitian dari uji t : (1) hasil belajar pengantar akuntansi berpengaruh secara parsial sebesar 5,263 nilai signifikan 0,000 (2) hasil belajar matematika ekonomi tidak berpengaruh secara parsial sebesar -0,299 nilai signifikan 0,766 (3) minat belajar tidak berpengaruh secara parsial, sebesar -1,330 nilai signifikan 1,991. Hasil dari uji F sebesar 9,324 nilai signifikan 0,000, hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan hasil belajar pengantar akuntansi, matematika ekonomi dan minat belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa pendidikan akuntansi universitas negeri surabaya. Selain uji t dan uji F terdapat nilai Adjusted R Square sebesar 23,3% sedangkan yang 76,7% dipengaruhi oleh faktor atau variabel lain.

Kata kunci: hasil belajar, minat belajar dan tingkat pemahaman akuntansi.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Announcement :

Mulai Terbitan Volume 8 No. 1 Tahun 2020, JPAK telah berpindah ke website yang baru yaitu : https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak

 

View My Stats

 

Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) Terindeks oleh:

    

 

Alamat Redaksi:

Gedung G1 lt. 2 Ruang Jurusan Pendidikan Ekonomi

Fakultas Ekonomi

Universitas Negeri Surabaya

Kampus Ketintang Surabaya 60231

Telp. (031) 8285362/8299945 Fax. (031) 8293416

email: jpak@unesa.ac.id

Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK)

is licensed under a Creative Commons: Attribution-NonCommercial 4.0 International