Pengaruh Pengetahuan Pengantar Akuntansi, Locus of Control Dan Fasilitas Laboratorium Komputer Terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi Siswa kelas XI Akuntanis SMK Negeri 10 Surabaya.
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menguji dan menganalisis pengaruh pengetahuan pengantar akuntansi, locus of control dan fasilitas laboratorium komputer akuntansi siswa kelas XI akuntansi SMK Negeri 10 Surabaya. Penelitian ini merupakan jenis metode kuantitatif. Sampel penelitian yang digunakan adalah proportional random sampling yang berjumlah 82 siswa kelas XI akuntansi SMK Negeri 10 Surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, kuesioner (angket) dan dokumentasi. Hasil penelitian dari uji t : (1) pengetahuan pengantar akuntansi berpengaruh secara parsial sebesar 3,162 nilai signifikan 0,003 (2) locus of control internal berpengaruh secara parsial sebesar 6,501 nilai signifikan 0,000 (3) locus of control eksternal tidak berpengaruh secara parsial, sebesar -3,360 nilai signifikan 0,720 (4) fasilitas laboratorium komputer berpengaruh secara parsial sebesar 4,492 nilai signifikan 0,000. Hasil dari uji F sebesar 27,845 nilai signifikan 0,000, hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan pengetahuan pengantar akuntansi, locus of control internal, locus of control eksternal dan fasilitas laboratorium komputer terhadap hasil belajar komputer akuntansi siswa kelas xi smk negeri 10. Selain uji t dan uji F terdapat nilai Adjusted R Square sebesar 49,8% sedangkan yang 50,2% dipengaruhi oleh faktor atau variabel lain.
Kata kunci: locus of control, hasil belajarFull Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Announcement :
Mulai Terbitan Volume 8 No. 1 Tahun 2020, JPAK telah berpindah ke website yang baru yaitu : https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) Terindeks oleh:
Alamat Redaksi:
Gedung G1 lt. 2 Ruang Jurusan Pendidikan Ekonomi
Fakultas Ekonomi
Universitas Negeri Surabaya
Kampus Ketintang Surabaya 60231
Telp. (031) 8285362/8299945 Fax. (031) 8293416
email: jpak@unesa.ac.id
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK)
is licensed under a Creative Commons: Attribution-NonCommercial 4.0 International