Pengembangan Modul Mata Pelajaran Administrasi Umum Berbasis Scientific Approach Pada Kelas X OTKP 1 Di SMK YPM 3 Taman Sidoarjo

INGGIT FIRDAUS DAMAYANTI, DURINDA PUSPASARI

Abstract


Abstrak

Pengembangan modul Mata Pelajaran Administrasi Umum ini untuk mengetahui Proses Pengembangan Modul Mata Pelajaran Administrasi Umum Berbasis Scientific Approach Pada Kelas X OTKP 1 di SMK YPM 3 Taman Sidoarjo, mengetahui Kelayakan Modul, serta mengetahui Respon Peserta Didik Kelas X OTKP 1 di SMK YPM 3 Taman Sidoarjo yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian jenis pengembangan dimana menggunakan model 4-D yang terdiri dari tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Namun pada tahap penyebaran tidak dilakukan oleh peneliti karena modul yang dikembangkan terbatas pada tiga kompetensi dasar. Subjek peneliian ini yaitu peserta didik X OKTP 1 di SMK YPM 3 Taman Sidoarjo yang berjumlah 20 orang, sedangkan objek penelitian ini yaitu modul Mata Pelajaran Administrasi Umum. Instrumen penelitian ini yaitu validasi ahli dan respon peserta didik. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan skala likert. Proses pengembangan modul ini yaitu dilakukan tahap pendefinisian untuk mengetahui kebutuhan sebelum merancang modul seperti pada SMK YPM 3 Taman Sidoarjo tidak terdapat modul Mata Pelajaran Administrasi Umum, perancangan modul mengunakan format dari BSNP dengan menggunakan teknik adaptasi, pada pengembangan dilakukan validasi oleh ahli materi, bahasa, dan kegrafikan dimana bertujuan untuk menyempurnakan modul yang dikembangkan. Hasil validasi ahli materi memperoleh sebesar 91% dengan kategori sangat layak, hasil validasi oleh ahli bahasa memperoleh 97% dengan kriteria sangat layak, dan hasil validasi ahli kegrafikan memperoleh sebesar 88% dengan kriteria sangat layak. Dari hasil respon peserta didik memperoleh hasil 94% dengan kriteria sangat layak untuk digunakan pada saat pembelajaran.

Kata kunci: Pengembangan Modul, Scientific Approach, Administrasi Umum

Abstract

Development of this General Administration Subject module to determine the Scientific Approach-Based General Administration Subject Development Process in Class X OTKP 1 in YPM Vocational School 3 Taman Sidoarjo, knowing the Feasibility of Modules, and knowing the Response of Class X OTKP 1 Students at YPM 3 Taman Sidoarjo Vocational High School which has been developed. This research is a type of development research which uses a 4-D model consisting of the stages of defining, designing, developing, and distributing. However, at the dissemination stage it was not carried out by researchers because the modules developed were limited to three basic competencies. The subjects of this research are X OKTP 1 students in YPM 3 Vocational School in Sidoarjo Park, amounting to 20 people, while the object of this research is the General Administration Subject module. The instrument of this research is expert validation and student response. Data analysis techniques in this study use a Likert scale. The module development process is done by defining the stage to determine the needs before designing modules such as YPM 3 Taman Sidoarjo Vocational School there is no General Administration Subject module, module design uses the format of BSNP using adaptation techniques, on the development of material, language, expert and graphics which aim to improve the developed modules. Material validation results obtained by 91% with very feasible categories, the results of validation by linguists gained 97% with very feasible criteria, and the results of the graphic expert validation obtained 88% with very reasonable criteria. From the results of the responses, students get 94% results with very feasible criteria for use during learning.

Keywords: Modul Development, Scientific Approach, General Administration


Full Text:

PDF


View My Stats

 

Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran Terindeks oleh:

    

 

Alamat Redaksi:

Gedung G1 lt. 2 Ruang Jurusan Pendidikan Ekonomi

Fakultas Ekonomi

Universitas Negeri Surabaya

Kampus Ketintang Surabaya 60231

Telp. (031) 8285362/8299945 Fax. (031) 8293416

homepage: https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/JPAPUNESA/index

email: jpap@unesa.ac.id

Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP)

is licensed under a Creative Commons: Attribution-NonCommercial 4.0 International