Pengembangan Media Pembelajaran Manuscript Berbasis Android pada Mata Pelajaran Korespondensi Kelas X MP 1 di SMKN 2 Buduran

FARID SUSANTO, SITI SRI WULANDARI

Abstract


Abstrak

Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengembangan media Manuscript terdiri dari beberapa tahap yaitu tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Pada tahap perancangan meliputi pembuatan desain, penetapan materi pokok, penyusunan level soal dan jawaban, pengumpulan bahan aplikasi dan membuat produknya. Tingkat kelayakan media pembelajaran Korespondensi dengan aplikasi Manuscript berbasis android sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian: 1) Ahli materi diperoleh persentase 93,33%, sehingga termasuk kategori “Sangat Kuat”, 2) Ahli media diperoleh persentase 92,22%, sehingga termasuk kategori “Sangat Kuat”, dan 3) Ahli bahasa diperoleh persentase 90%, sehingga termasuk kategori “Sangat Kuat”. Respon siswa terhadap media ini pada saat dilakukan uji coba rata-rata menunjukkan respon positif dengan mendapatkan persentase ≥ 80% setiap indikatornya. Dengan demikian, media pembelajaran Korespondensi dengan aplikasi Manuscript berbasis android ini layak digunakan sebagai media pembelajaran Korespondensi Kompetensi Dasar Menerapkan Tata Naskah Surat Meyurat Bahasa Indonesia.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Manuscript, Android, Korespondensi, 4D

Abstract

The results showed that the Manuscript media development process consists of several stages, namely the defining, designing, developing and distributing stage. The designing stage included design making, subject matter determination, questions and answers preparation, application materials collection, and products making. The feasibility level of Correspondence media learning with Android-based Manuscript applications became a learning media based on several assessments from 1) Material experts (93.33%), 2) Media experts (92.22%), and 3) Linguists (90%). Those three percentage results included in "Very Strong" category. Furthermore, the student’s response to this media when it was tested by the average trial showed a positive response ≥ 80% of each indicator. Regarding it, Correspondence media learning with Android-based Manuscript application is suitable to be used as a Correspondence Basic Competency media learning for Implementing Indonesian Correspondence Text Manuscripts.

Keywords: Media Learning, Manuscript, Android, Correspondence, 4D


Full Text:

PDF


View My Stats

 

Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran Terindeks oleh:

    

 

Alamat Redaksi:

Gedung G1 lt. 2 Ruang Jurusan Pendidikan Ekonomi

Fakultas Ekonomi

Universitas Negeri Surabaya

Kampus Ketintang Surabaya 60231

Telp. (031) 8285362/8299945 Fax. (031) 8293416

homepage: https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/JPAPUNESA/index

email: jpap@unesa.ac.id

Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP)

is licensed under a Creative Commons: Attribution-NonCommercial 4.0 International