PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS SONY VEGAS PADA MATA DIKLAT KEARSIPAN KOMPETENSI DASAR MENJELASKAN SISTEM KEARSIPAN SISWA KELAS X ADM 1 DI SMK NEGERI 2 BUDURAN SIDOARJO

FARAH ARINI HANDAYANI, JAKA NUGRAHA

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran Sony Vegas, dan mengetahui evaluasi siswa terhadap pengembangan media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 20 siswa kelas X Administrasi 1 pada kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi diperoleh hasil persentase 87,8% dengan kategori sangat layak. Sedangkan untuk hasil validasi ahli media diperoleh hasil dengan persentase 93,6% dengan kategori sangat layak. Dan untuk evaluasi siswa diperoleh hasil dengan persentase 86,8% dengan kategori sangat layak yang diambil dari uji coba terbatas pada 20 siswa kelas X ADM 1 di SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo. Pada penelitian ini terbukti mampu meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran materi sistem kearsipan dengan berbantuan media pengembangan Sony Vegas.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Sony Vegas, Model Pengembangan ADDIE






Full Text:

PDF


View My Stats

 

Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran Terindeks oleh:

    

 

Alamat Redaksi:

Gedung G1 lt. 2 Ruang Jurusan Pendidikan Ekonomi

Fakultas Ekonomi

Universitas Negeri Surabaya

Kampus Ketintang Surabaya 60231

Telp. (031) 8285362/8299945 Fax. (031) 8293416

homepage: https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/JPAPUNESA/index

email: jpap@unesa.ac.id

Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP)

is licensed under a Creative Commons: Attribution-NonCommercial 4.0 International