Pengaruh Model Pembelajaran Experiential Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Dasar Menerapkan Komunikasi di Tempat Kerja Kelas X OTKP SMK YASMU Gresik

Ruviatul Faridah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Experiential Learning pada kompetensi dasar menerapkan komunikasi di tempat kerja kelas X OTKP SMK YASMU Gresik. Penelitian ini dilaksanakan di SMK YASMU Gresik tahun pelajaran 2017/2018.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan desain penelitian Quasi Experimental Design (Eksperimen Semu) dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X OTKP di SMK YASMU Gresik, dimana kelas X OTKP 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X OTKP 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, tes dan observasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah sebesar 53,6, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 55,6. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah sebesar 86,8, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 83,6. Selisih nilai rata-rata pretest dan posttest pada kelas eksperimen adalah sebesar 33,2, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 28.

Berdasarkan hasil analisis uji t posttest, diperoleh nilai thitung sebesar 2,244 dengan taraf signifikansi sebesar 0,029. Sedangkan nilai ttabel diketahui sebesar 2,011. Hasil ini menunjukkan bahwa t-test < 0,05 yaitu 0,029 < 0,05 dan thitung > ttabel yaitu 2,244 > 2,011. Sementara berdasarkan hasil analisis uji t selisih nilai pretest dan posttest diperoleh nilai thitung sebesar 2,236 dengan taraf signifikansi sebesar 0,030. Sedangkan diketahui nilai ttabel sebesar 2,011 dengan taraf signifikansi sebesar 0,05. Hasil ini menunjukkan bahwa t-test < 0,05 yaitu 0,030 < 0,05 dan thitung > ttabel yaitu 2,236 > 2,011. Berdasarkan hasil uji t di atas, maka Ha diterima dan Ho ditolak.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Experiential Learning pada kompetensi dasar menerapkan komunikasi di tempat kerja kelas X OTKP SMK YASMU Gresik, dimana hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran experiential learning lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran experiential learning.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Experiential Learning, Hasil Belajar

Full Text:

PDF


View My Stats

 

Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran Terindeks oleh:

    

 

Alamat Redaksi:

Gedung G1 lt. 2 Ruang Jurusan Pendidikan Ekonomi

Fakultas Ekonomi

Universitas Negeri Surabaya

Kampus Ketintang Surabaya 60231

Telp. (031) 8285362/8299945 Fax. (031) 8293416

homepage: https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/JPAPUNESA/index

email: jpap@unesa.ac.id

Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP)

is licensed under a Creative Commons: Attribution-NonCommercial 4.0 International