KEPEMIMPINAN KH. MUNAWAR ADNAN KHOLIL DALAM MENGEMBANGKAN PONDOK PESANTREN DARUTTAQWA SUCI GRESIK TAHUN 1987-2012

ERNAWATI

Abstract


Pondok Pesantren Daruttaqwa Suci yang beralamatkan di Desa Suci jalan KH. Syafi’i Gg KH. Kholil No. 9 Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik berdiri pada tahun 1987 dengan pimpinan KH. Munawar Adnan Kholil adalah salah satu lembaga pendidikan islam yang  awalnya hanya terdapat pendidikan non formal, Madrasah Diniyah dan pengajian Kitab Kuning. Seiring berjalannya waktu pada tahun 1994 mulai didirikan pendidikan formal dan pada tahun berikutnya juga didirikan sekolah formal lainnya hingga tahun 2012 ada beberapa tingkatan sekolah formal di Pondok Pesantren Daruttaqwa Suci.


Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1). Bagaimana sejarah berdirinya Pondok Pesantren Daruttaqwa Suci Gresik? 2). Bagaimana kepemimpinan KH. Munawar Adnan Kholil dalam mengembangkan Pondok Pesantren Daruttaqwa Suci Gresik tahun 1987 -2012 ? metode yang dipakai dalam penulisan ini adalah : 1) heuristik 2) kritik 3) interpretasi 4) historiografi. Dalam melaksanakan penelitian ini, penulis mendapatkan sumber utama berupa wawancara dikarenakan arsip tertulis yang ada jumlahnya terbatas.


Berdirinya Pondok Pesantren Daruttaqwa Suci bukanlah keinginan pribadi KH. Munawar Adnan Kholil tetapi atas amanat dari gurunya yaitu KH. Ustman Al-Ishaqi dan putera gurunya yaitu KH. Asrori Al-Ishaqi, dengan tujuan untuk meneruskan perjuangan kakeknya yaitu KH. Kholil. Atas amanat tersebut KH. Munawar Adnan Kholil pasrah menerima dan melaksanakan amanat tersebut. Akhirnya pada tanggal 1 Maret 1987 pondok tersebut diresmikan oleh KH. Asrori Al-Ishaqi  dan diberi nama “ DARUTTAQWA” artinya rumah orang-orang yang bertaqwa.


Kepemimpinan KH. Munawar Adnan Kholil dalam mengembangkan Pondok Pesantren Daruttaqwa Suci Gresik memiliki beberapa tipe kepemimpian diantaranya adalah tipe kepemimpinan karismatik, tipe kepemimpinan tradisional, dan tipe kepemimpinan rasional. Kepemimpinan karismatik KH. Munawar Adnan Kholil terbukti beliau sering diminta memberikan do’a restu pada orang-orang dari partai politik, kepemimpinan tradisional KH. Munawar Adnan Kholil terbukti beliau sebagai pendidik yang mengajar santri, kepemimpinan rasional KH. Munawar Adnan Kholil terbukti beliau sebagai pengembang pendidikan di Pondok Pesantren Daruttaqwa.


Kata Kunci : Kepemimpinan, KH. Munawar Adnan Kholil, Pondok Pesantren Dauttaqwa Suci Gresik.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.