KRITIK SOSIAL DALAM FILM KOMEDI WARKOP DKI TAHUN 1980-1994

HERU CHANDRA NUR HUDA

Abstract


ABSTRAK


Dunia perfilman sudah di kenal sejak masa pemerintahan Hindia Belanda, begitu juga dengan film komedi yang di kenal dengan tontonan panggung atau disebut Film Bisu. Film komedi merupakan film cerita yang bersifat lucu dan gembira, terkadang kelucuan itu menimbulkan sebuah kritik atau sindiran, sehingga film komedi yang baik membuat penonton bisa menghayati kehidupan atau cerita. Tahun 1978 muncul kelompok komedian Warkop DKI yang mengawali profesinya dengan menjadi penyiar radio Prambos, kemudian pada tahun 1980 mengeluarkan film pertamanya. “Mana Tahan” merupakan film pertama dari Warkop DKI, dan mendapat sambutan yang baik dari masyarakat.
Latar belakang masalah diatas menghasilkan rumusan masalah 1) Bagaimana kritik sosial dalam film komedi warkop DKI pada masa orde baru tahun 1980-1994; 2) Bagaimana respon masyarakat dalam film komedi warkop DKI tahun 1980-1994. Langkah di metode penelitian ini adalah heuristik yaitu pengumpulan sumber-sumber primer maupun sekunder yang terkait mengenai film komedi warkop DKI, kritik yaitu tahap untuk memilih sumber-sumber yang telah ditemukan, interpretasi yaitu tahap melakukan analisis terhadap fakta-fakta yang ditemukan berbagai sumber baik primer maupun sekunder, historiografi yaitu tahap penyajian hasil laporan penelitian dalam bentuk tulisan dengan penulisan sejarah yang benar.
Setiap tahunnya warkop DKI memproduksi film komedi, berbagai cerita yang di tuangkan di setiap filmnya selalu berbeda. Sutradara membuat film komedi warkop DKI merupakan suatu ungkapan atau kritikan langsung atau tidak langsung kepada pemerinta dan masyarakat. Seperti judul film warkop DKI, “Mana Tahaan, IQ jongkok, Setan Kredit, Manusia 6.000.000 Juta Dollar, CHIPS”, merupakan film komedi yang di dalam cerita terdapat unsur kritikan secara langsung dan tidak langsung epada pemerintah dan masyarakat. Kebanyakan kritikan yang dituangkan berupa kondisi masyarakat dan kondisi ekonomi masa orde baru.
Keberhasilm film-film komedi banyak ditunjang oleh kepopuleran bintang yang lagi top saat beredar film pertama warkop DKI. Film komedi warkop DKI selalu menjadi Icon di setiap tahunnya, karena film warkop DKI di terima baik oleh masyarakat Indonesia. Menurut masyarakat film komedi warkop DKI kalau di telaah lebih dalam banyak mengandung unsur kritik sosialnya, tetapi untuk masyarakat awam lebih menarik komedinya. Antusias masyarakat sangatlah baik melihat film komedi warkop DKI.
Kata Kunci : Film Komedi, Kritik, dan Respon


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.