VALIDITAS DAN KEPRAKTISAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS GUIDED DISCOVERY PADA MATERI GENETIKA UNTUK SMA KELAS XII

Annisa Muthmainnah Muthmainnah, Muslimin Ibrahim, Pramita Yakub

Abstract


Materi genetika merupakan materi yang sulit dipahami karena memuat konsep yang terdiri atas beberapa tahapan rumit dan kompleks. Namun dalam mempelajarinya, peserta didik menggunakan LKPD berisi ringkasan dan beberapa pertanyaan yang belum melatihkan untuk menemukan konsep secara mandiri. Oleh karena itu, diperlukan LKPD yang dapat membantu peserta didik untuk menemukan konsep secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis guided discovery pada materi genetika untuk SMA kelas XII yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate) tanpa tahap Disseminate. Validitas LKPD ditinjau berdasarkan validasi pakar pendidikan dan pakar materi genetika. Kemudian, LKPD diujicobakan secara terbatas pada 20 peserta didik kelas XII SMA Negeri 1 Sidayu pada bulan Februari 2018 untuk diketahui kepraktisannya. Kepraktisan LKPD ditinjau dari aktivitas peserta didik oleh pengamat yang merupakan mahasiswa S1 pendidikan Biologi. Hasil validasi LKPD diperoleh modus sebesar 3,5 yang termasuk dalam kategori sangat valid. Hasil pengamatan aktivitas peserta didik diperoleh persentase kemunculan sebesar 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis guided discovery pada materi substansi genetika yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dan sangat praktis.

Kata kunci: validitas, kepraktisan, LKPD, guided discovery, materi genetika


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.