VALIDITAS LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MELATIHKAN ENTREPRENEURSHIP PADA MATERI DAUR ULANG LIMBAH KELAS X SMA

Mas Afannudin, Winarsih Winarsih, Widowati Budijastuti

Abstract


LKS  merupakan  panduan  ajar  cetak  yang  berisi  materi,  ringkasan,  dan  petunjuk-petunjuk  pelaksanaan  tugas
pembelajaran  yang  harus  dikerjakan.  Pada  penelitian  ini  LKS  yang  akan  dikembangkan  yaitu  LKS  berbasis  PjBL
yang  memfokuskan  pada  pengembangan  produk  atau  unjuk  kerja.  Pada  LKS  berbasis  PjBL  materi  yang  dapat
digunakan  salah  satunya  materi  daur  ulang  limbah.  Limbah  yang  akan  didaur  ulang  yaitu  limbah  kertas.   Proyek
daur  ulang  kertas  yang  dibuat  nantinya  akan  dapat  dijual  dan  dapat  melatih  jiwa  kewirausahaan  bagi  siswa.
Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mendeskripsikan  tingkat  validitas  LKS  berbasis  Project  Based  Learning  untuk
melatihkan  entrepreneurship  materi  daur  ulang  limbah  secara  teoritis.  Jenis  penelitian  ini  adalah  penelitian
pengembangan  yang  mengacu  pada  metode  4-D  (tanpa  tahap  disseminate).  Ujicoba  terbatas  dilakukan  kepada  16
siswa  kelas  X  IPA  SMA  Muhammadiyah  1  Taman  Sidoarjo.  Pada  penelitian  ini  met ode  pengumpulan  data
menggunakan  metode  validasi  yang  dianalisis  secara  deskriptif  kualitatif.  Berdasarkan  hasil  telaah  oleh  ahli
menunjukkan LKS berbasis Project Based Learning untuk melatihkan entrepereneurship mendapatkan persentase
86,34%, berdasarkan hasil tersebut LKS dinyatakan sangat valid secara teoritis.
Kata Kunci: LKS, Project Based Learning (PjBL), entrepreneurship, daur ulang limbah.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.