VALIDITAS DAN KEEFEKTIFAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS LITERASI SAINS PADA MATERI FUNGI UNTUK MELATIHKAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS X SMA

Hanum Wahyuningtias, Isnawati Isnawati

Abstract


Pengembangan  Lembar  Kerja  Peserta  Didik  berbasis  literasi  sains  pada  materi  fungi  berdasarkan  pada  tingkat
literasi  sains  Indonesia  yang  masih  rendah.  Berdasarkan  observasi  materi  jamur  pada  kelas  X  SMA  dianggap  sulit
karena  memiliki sub  materi  yang banyak serta terdapat banyak  kata -kata  yang sulit dipahami. Tujuan dari penelitian ini
yaitu  untuk  menghasilkan  validitas  dan  keefektifan  Lembar  Kerja  Peserta  Didik  berbasis  literasi  sains  pada  materi
fungi. Lembar Kerja Peserta Didik yang dikembangkan menggunakan model 4-D, yaitu tahap Define, Design,  Develop,
dan  Dessiminate.  Namun  dalam  penelitian  ini  tahap  Dessiminate    tidak    dilakukan.  Kegiatan  pengembangan  LKPD
berbasis  literasi  sains  dilaksanakan  di  kampus  Jurusan  Biologi  FMIPA  UNESA  pada  bulan  September  s/d  Februari
2019.  Subjek  penelitian  ini  adalah  16  siswa  kelas  X  MIPA  2  di  SMAN  1  Puri  Mojokerto.  Data  dianalisi s  secara
deskriptif  kuantitatif  dengan  metode  validasi,  tes  dan  angket  sedangkan  instrument  yang  digunakan  yaitu    lembar
validasi,  lembar  pree  test  dan  post  test  dan  lembar  angket  respon  siswa.  Berdasarkan  hasil  penelitian  yang  telah
dilakukan  menunjukkan  bahwa  validitas  LKPD  yang  telah  ditelaah  oleh  dua  dosen  dan  satu  guru  biologi  memperoleh
nilai sebesar 3,72 dengan kategori sangat valid. Keefektifan ditinjau  dari respon siswa, ketercapaian indikator, dan hasil
belajar  siswa  dengan  presentase  98,47%,  84%,  dan  84,75%  dengan  demikian  dapat  disimpulkan  bahwa  LKPD  yang
dikembangkan oleh peneliti masuk dalam kategori valid dan efektif.
Kata Kunci: validitas, keefektifan, lkpd, literasi sains, fungi, berpikir tingkat tinggi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.