KELAYAKAN TEORETIS BUKU AJAR MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN BERBASIS COLLABORATIVE LEARNING KELAS X SMA UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN LITERASI SAINS

Nurlita Anggraini, Fida Rachmadiarti, Ahmad Bashri

Abstract


Buku  ajar  adalah  bahan  ajar  yang  digunakan  dalam  proses  pembelajaran  yang  memudahkan  peserta  didik  untuk
memahami  materi  pelajaran.  Materi  perubahan  lingkungan  mempelajari  mengenai  lingkungan  sekitar.  Collaborative
learning merupakan model pembelajaran yang didalamnya memuat kegiatan berkolaborasi/berkelompok dengan tahapan-tahapan antara lain engagement, exploration, transformation, presentation dan reflection yang menekankan pada kegiatan
eksplorasi  peserta  didik.  Sedangkan  literasi  sains  merupakan  kemampuan  peserta  didik  dalam  menggunakan  ilmu
pengetahuannya  untuk  memecahkan  permasalahan di  lingkungan  sekitar.  Penelitian  ini bertujuan  untuk  mendeskripsikan
kelayakan  teoretis  buku  ajar  materi  perubahan  lingkungan  berbasis  collaborative  learning.  Penelitian  ini  menggunakan
model  pengembangan  4D  yakni  define,  design,  develop  dan  disseminate,  namun  tanpa  tahap  disseminate.  Teknik
pengambilan  data  dilakukan  menggunakan  metode  validasi  terhadap  tiga  validator  diantaranya  dosen  ahli  materi,  dosen
ahli  pendidikan  dan  guru  biologi  SMA.  Teknik  analisis  data  dilakukan  dengan  analisis  deskriptif  kuantitatif.  Buku  ajar
yang dikembangkan diharapkan dapat melatihkan literasi sains peserta didik. Hasil penelitian diperoleh  jumlah skor rata-rata  keseluruhan  validitas  3,93  dengan  persentase  sebesar  98,25%  yang  menunjukkan  buku  ajar  yang  dikembangkan
sangat valid.
Kata Kunci: kelayakan teoretis buku ajar, perubahan lingkungan, collaborative learning, literasi sains.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.