PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBASIS ETNOZOOLOGI PADA MATERI VERTEBRATA UNTUK KELAS X

Maulina Maftuhatul Ilmiah, Ulfi Faizah

Abstract


Pembelajaran materi vertebrata dapat dikombinasi dengan kajian etnozoologi karena dengan dihubungkannya materi vertebrata dengan kajian etnozoologi diharapkan siswa termotivasi untuk mempelajari materi vertebrata. Salah satu cara untuk memasukkan kajian etnozoologi dalam pembelajaran yaitu melalui sumber bacaan siswa seperti buku ajar. Buku ajar adalah salah satu bahan pembelajaran yang sering digunakan oleh siswa atau guru. Tujuan dalam penelitian ini untuk menghasilkan buku ajar berbasis etnozoologi materi vertebrata untuk kelas X SMA, mendeskripsikan validitas dan kepraktisan buku ajar berbasis etnozoologi materi vertebrata untuk kelas X SMA. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan 4D (Define, Design, Develop dan Disseminate). Validitas buku ajar diperoleh melalui validasi ahli menggunakan instrumen validasi. Hasil penelitian menghasilkan dua buku ajar yaitu untuk siswa dan untuk guru. Kepraktisan buku ajar ditinjau berdasarkan uji keterbacaan menggunakan formula Fry dan respons siswa menggunakan instrumen angket. Validitas Buku Ajar berbasis Etnozoologi pada materi vertebrata kelas X SMA mencakup kelayakan isi, penyajian dan kebahasaan memperoleh rata-rata skor sebesar 99,3% dengan kategori sangat valid. Kepraktisan buku ajar berbasis Etnozoologi pada materi vertebrata kelas X SMA ditinjau berdasarkan keterbacaan dan respon siswa. Keterbacaan buku ajar yang dikembangkan sesuai untuk tingkat kelas X. Respon siswa memperoleh rata-rata skor sebesar 98,30% dengan kategori sangat positif, yang berarti praktis.

Kata kunci: buku ajar, etnozoologi, kepraktisan, validitas


Refbacks

  • There are currently no refbacks.